Jelang Lebaran 2016, Ini Panduan Belanja di Tanah Abang

Editor: nova.id / nova.id
Jumat, 17 Juni 2016
Foto : BisnisKeuangan/Kompas
Panduan belanja Lebaran di tanah abang.

Bagi Anda yang belum sempat mempersiapkan segala kebutuhan untuk menyambut Hari Raya, ada baiknya memanfaatkan hari ini untuk melengkapi daftar belanja Anda. 

Meski saat ini pusat grosir maupun pasar tradisional akan sangat ramai dan sesak karena orang yang berbelanja, mengingat ketika menjelang lebaran banyak orang berbelanja kebutuhan dalam skala besar. Makanya, Anda sangat butuh tips belanja Lebaran di tanah abang.

Tanah abang sebagai salah satu pusat grosir terbesar di Jakarta merupakan sebuah destinasi berbelanja barang grosir maupun eceran yang sangat lengkap, mulai dari baju, kain, perangkat rumah tangga, kosmetik, perhiasan, elektronik dan sebagainya.

Baca: Penuhi Keperluan Jelang Ramadhan, Inilah Tips Belanja di Tanah Abang

Agar Anda tidak kebingungan saat sampai di sana, ini panduan belanja di tanah abang sesuai lokasi dan blok-blok yang terdapat di Jakarta pusat tersebut.

Setelah perombakan, pasar Tanah Abang Jakarta memang tertata lebih rapi, lebih bersih, dan lebih nyaman. Namun, jumlah toko serta penambahan beberapa kios yang letaknya agak sembarang membuat calon pembeli sering kesulitan menemukan peta lokasi belanja di Tanah Abang.

Sekadar informasi, pada bangunan utama yang sangat luas tersebut dibagi menjadi dua blok, yakni Blok A Tanah Abang dan Blok B Tanah Abang. Nah di sini terdiri lagi dari beberapa lantai, seperti:

Lantai B1 Tanah Abang mayoritas menjual keperluan semacam gorden, seprai, selimut, bantal, bed cover, lalu berbagai kain mulai dari kebaya, jins, batik, dan bahan tenun.

Baca: Cara Bijak Belanja Baju Sebelum Bulan Puasa Agar Kantong Hemat

Sedangkan, lantai SLG (Semi Lower Ground) Tanah Abang menjajakan semua jenis busana perempuan, seperti jilbab, hijab, mukena, busana muslim, gamis, blus, kebaya jadi ataupun kaftan. Khusus lantai LG Tanah Abang hampir sama isinya dengan lantai SLG, tapi Anda juga bisa menemukan busana anak-anak di sini, seperti baju seragam anak, baju muslim anak, hingga pakaian renang dan olahraga anak.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari kebutuhan pakaian pria di Tanah Abang, maka lantai G (ground) dan lantai 1 adalah tempatnya. Di sini, tersedia segala macam jenis atasan dan bawahan pakaian pria seperti kemeja, kaos, jaket kulit, jaket olahraga, celana bahan pria dan sebagainya.

Sementara, lantai 2 dan lantai 3 Tanah Abang menjadi pusat kebutuhan pakaian perempuan semisal rok, blus, busana kerja perempuan, celana kerja, serta segala aksesori seperti tas, dompet, ikat pinggang, perhiasan seperti gelang, kalung, bros dan lainnya.

Khusus lantai 3A Tanah Abang, merupakan pusatnya produk sepatu dengan berbagai tingkatan harga dan model serta merek. Ada yang asli, ada juga yang berlabel KW maupun second hand. Kalau soal kualitas Anda bisa mengecek material kulit aslinya secara langsung.

Baca: Jelang Puasa, Mari Coba Gaya Hijab Simpel untuk Tampilan Lebih Santun

Kemudian, di lantai 5 dan 6, Anda akan menemui lagi jajaran kios yang menjual pakaian perempuan, pria, sampai anak-anak dan keluarga. Menyusul lantai 6 Tanah Abang yang menyediakan produk baju remaja anak muda yang lebih trendi.

Jika perut sudah terasa lapar dan tenggorokan pun berdahaga, mampir saja ke lantai 8 yang menjadi food court karena di sini aneka makanan, jajanan dan minuman tradisional dan modern diperjualbelikan.

Semoga panduan belanja di Tanah Abang Jakarta sesuai keperluan dan lokasi blok di atas bisa membantu Anda untuk menghemat waktu. Selamat berbelanja!

FOTO-FOTO: Tripadvisor / Shopjakarta

Penulis : Ridho Nugroho

Fashion Stylist and Feature Writer at HAI Magazine (2009-2012), Fashion Stylist and Beauty Writer at Tabloid Nova (2013-2014), Digital Content Specialist at Tabloid Nova (2015-until now).