5 Cara Sehat Mengolah Keju

Editor: nova.id / nova.id
Senin, 5 Mei 2014
Foto :

TabloidNova.com - Keju panggang yang meleleh tampaknya menjadi salah satu makanan yang paling lezat, ya? Mudah pula membuatnya, hanya dengan menambahkan sedikit bahan makanan lain, jadilah sajian dengan lelehan keju yang sempurna. Hmmm....

Sebut saja setangkup roti tawar untuk membuat sandwich, setelah Anda olesi dengan mentega lalu di tengahnya diberi keju, kemudian Anda panggang dalam oven atau microwave. Jadilah sajian sederhana yang renyah, dengan cita rasa yang gurih dan nikmat.

Namun jangan dikira aneka sajian dengan keju yang dipanggang tak akan meninggalkan "dosa" seusai memakannya. Lantaran kandungan lemak dan kalorinya yang cukup tinggi. Sering merasa seperti itu?

Tapi jangan khawatir, sebab ada lima tips "rahasia" yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membuat sajian dengan keju yang tetap sehat, tanpa meninggalkan lagi perasaan 'dosa' di dalam diri Anda. Ini dia rahasianya:

1. Pilih keju dengan benar. Sebab ketika akan dipanggang, tidak semua keju cocok digunakan. Banyak orang lebih menyukai keju buatan Amerika, sebab kejunya bisa meleleh dengan sempurna seusai dipanggang. Namun kekurangannya adalah, rasanya menjadi tidak gurih ketika sudah meleleh. Untuk menghasilkan lelehan keju dengan rasa yang
tetap tajam di lidah, pilihlah keju jenis cheddar. Memenag harganya lebih mahal dibandingkan jenis keju lainnya, namun keju cheddar dipercaya memiliki kandungan lemak dan kalori yang cukup rendah.

2. Jangan jadikan keju sebagai penambah rasa atau penyedap sajian. Ya, keju memang merupakan salah satu bahan makanan yang penting saat ingin menyantap sandwich atau burger. Namun dengan alasan tadi jangan lantas Anda menggunakan lebih banyak keju untuk menghasilkan roti sandwich atau burger yang sempurna. Untuk tetap bisa menikmati setangkup roti sandwich atau burger dengan cita rasa yang lezat, cukup gunakan sedikit keju. Kemudian bisa Anda tambahkan dengan bahan lain, seperti saus cabai atau saus salsa. Tambahan saus tadi tak akan merusak cita rasa keju, kok, namun Anda tetap bisa menjaga tingkat kalori dan lemak yang terkandung dalam keju.

3. Pilihlah roti yang baik. Memang akan lebih nikmat ketika menyandingkan keju leleh dengan setangkup roti tawar untuk sebuah sandwich. Namun tak ada salahnya bila kini Anda memilih setangkup roti gandum yang memiliki kandungan kalori lebih rendah dibandingkan roti tawar putih biasa. Coba saja, roti gandum yang berwarna coklat dengan bintik-bintik kecil itu akan lebih renyah saat dipanggang dan semakin nikmat dengan lelehan keju di tengahnya. Selain kandungan lemak dan kalorinya bisa terpangkas, roti gandum juga mengandung serat yang lebih baik.

4. Buat roti renyah tanpa mentega. Memang benar, mentega mampu membuat roti panggang terasa lebih gurih dan enak dimakan. Namun bila Anda sudah memilih keju leleh sebagai penambah rasa nikmat pada sandwich, jangan tambahkan lagi mentega yang memiliki kandungan lemak tinggi.

5. Ganti mentega dengan krim rendah lemak. Ingin bereksperimen dengan cara lain? Setelah Anda berhasil melupakan mentega, saatnya Anda beralih ke krim rendah lemak atau mayones rendah lemak sebagai olesan di dalam roti, untuk menggantikan mentega. Cara lain yang bisa Anda coba untuk mengurangi kandungan lemak dalam mayones adalah,
campurkan beberapa tetes jeruk lemon ke mayones sebelum dioleskan ke dalam lapisan roti sandwich. Rasa sedikit masam dari lemon tadi akan menambah sensasi rasa sandwich Anda. Percayalah!

Intan Y. Septiani/Kitchendaily.com

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.