Cara Ayu Dewi Mendukung Kepintaran Si Kecil

Editor: Ade Ryani HMK / nova.id
Selasa, 10 Januari 2017
Foto :
Cara Ayu Dewi Mendukung Kepintaran Si Kecil

Pekerjaannya di dunia hiburan sebagai presenter, tak menghalangi Ayu Dewi untuk memberikan yang terbaik bagi putrinya, Aqilah Dewi Humairah (4).

Menurut Ayu, di usianya yang genap 4 tahun pada 11 Maret 2017 mendatang, Aqilah termasuk anak yang terbilang pintar. Hanya saja, Ayu belum mau mengetahui kepintaran mana yang harus distimulasi dari Aqilah.

Dari hasil browsing, Ayu menemukan bahwa menurut Howard Gardner, kepintaran dibagi menjadi 8 jenis, yaitu Word Smart, Number Smart, Picture Smart, Music Smart, Body Smart, People Smart, Self Smart, dan Nature Smart.

“Nah, dari teori itu, aku coba searching lagi, seperti apa dan bagaimana cara menstimulasi masing-masing kecerdasan itu. Sementara, aku juga belum tahu Aqilah ini termasuk memiliki jenis kepintaran yang mana,” cerita Ayu.

Beruntung ia menemukan situs parenting www.parentingclub.co.id.

“Di situ ada fitur Smart Strength Finder yang dikembangkan oleh Dr. Thomas Armstrong, seorang psikolog dan pendidik sekaligus pakar multiple intellegence dari Amerika. Akhirnya kita cari tahu dan ternyata benar di Smart Strength Finder itu dia kekuatannya di Word Smart, Number Smart, sama Music Smart. Begitu kita tahu anak kita kepintarannya dimana, tinggal distimulasikan lagi aja,” ungkap istri Regi Datau ini.

Dengan terobosan ini, Ayu merasa sangat terbantu dalam mendapatkan informasi soal pola asuh anak terbaik yang bisa dimanfaatkan agar kepintaran anak bisa semakin bersinar. Selain itu, informasi yang tersedia juga bisa disesuaikan dengan usia anak.

“Jadi pas kita mau tahu lebih banyak tentang anak, itu mudah banget. Cuma sebatas genggaman tangan. Anytime, anywhere, kapan saja kita mau cari info, gimana perkembangan anak, itu bisa. Kita bisa lakukan 6 bulan sekalilah untuk tahu perkembangan anak," tambah presenter yang terkenal dengan gaya kocaknya ini.

Dalam fitur Smart Strenght Finder, Ayu menjelaskan, terdapat serangkaian pertanyaan perihal tingkah laku Si Kecil yang bisa dijawab oleh para orangtua.

"Di www.parentingclub.co.id, masing-masing halaman itu ada 5 pertanyaan yang mewakili masing-masing kepintaran. Tapi itu pertanyaannya sehari-hari banget, misalnya, apakah anak suka main diluar? Atau apakah anak kita suka menjadi pemimpin saat bermain? Hal-hal sederhana kayak gitu, keseharian yang pasti orang tua sudah hapal," tutur Ayu.

Lebih lanjut, Ayu juga mengatakan bahwa dalam Parenting Club yang dipersembahkan oleh Wyeth Nutrition tersebut, terdapat berbagai fitur menarik lainnya yang bisa membantu para ayah dan bunda dalam mengasuh anak. Seperti 21 Days Smart Stimulations, Smart Consultation, Smart School, dan Smart Stories. Dan 21 Days Smart Stimulation itu digunakan untuk menstimulasi anak sesuai dengan kepintarannya.

"Belum lagi ada Smart Stories, kita bisa baca kisah orang lain disitu dan kita juga bisa tanya-tanya dan konsultasi di Smart Consultation dengan para ahli. Pokoknya segampang kita hanya pegang handphone, deh. Terbantu banget.”

Fitur 21 Days Smart Stimulations ditulis oleh Dr. Andyda Meliala, seorang Parenting Educator, terdapat berbagai cara menstimulasi anak yang disesuaikan dengan kepintaran yang dimiliki oleh Si Kecil. Ayu juga berbagi soal stimulasi yang ia berikan ke anak sesuai dengan kecerdasannya di bidang kata-kata.

“Untuk word smart, stimulasinya gampang banget. Per hari yang bisa kita lakukan misalnya mengenalkan mengenai bagaimana rasanya. Kita tanya, tadi gimana rasanya? Pas dia makan, atau bagaimana perasaan dia, apakah dia sedih atau capek? Kita ajak dia untuk mengeluarkan perasaannya. Bacain cerita juga sebelum tidur dan kita tanya-tanya ini gambar hewan apa, Bahasa Inggrisnya apa. Banyak yang bisa dilakukan dalam satu kegiatan,” kata Ayu lagi.

Berangkat dari informasi yang ia dapat dari Parenting Club, Ayu bertekad untuk semakin mendorong anak sesuai dengan kepintaran yang dimilikinya.

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.