Liburan Ala 'Staycation' Cuma di Hotel? Ini Serunya!

Editor: Ade Ryani HMK / nova.id
Sabtu, 29 Oktober 2016
Foto : istock
Liburan ala staycation bersama keluarga, apa saja keuntungannya?

Beda pasangan, beda pula gaya berliburnya. Hal ini tak lepas dari persepsi tiap orang untuk memaknai kegiatan libur sebagai pelepas penat.

Ada yang ingin mengisinya dengan mengunjungi lokasi-lokasi menarik meski membutuhkan bujet dan waktu khusus. Ada juga yang lebih fleksibel karena menganggap berlibur bisa dimana saja dan kapan saja.

Jika Anda ingin berganti suasana dari rutinitas sehari-hari sekaligus menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga di akhir pekan, tentu ada begitu banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Baca: Sisa Cuti Habis? Liburan Murah Ala One Day Trip Saja...

Namun, bagaimana jika cuti sudah habis atau keuangan tak mendukung? Belum lagi terbayang rasa letih berjam-jam di jalan mengendarai kendaraan. Hm, sebenarnya Anda masih bisa, kok, liburan tanpa perlu menguras tenaga. Liburan di hotel jawabannya.

Terutama bagi Anda yang tinggal di kota besar. Beragam pilihan kelas hotel dengan fasilitas yang lengkap tetap mampu membuat agenda berlibur keluarga tak kalah berkesan dibanding ke luar kota.

Baca: Hotel Terbaik di Dunia Ada di Sumba Barat! Ini Dia 5 Kelebihannya

Memang apa keuntungan liburan hanya di hotel tanpa ada rencana perjalanan?

  • Punya quality time lebih bersama keluarga, karena hanya menetap di satu tempat layaknya rumah. Jika kita habiskan waktu berjalan kemana-mana apalagi berpencar karena sibuk berbelanja, berapa banyak waktu yang terbuang masing-masing? Di kamar hotel, Anda dan keluarga bisa membawa beberapa stok film seru yang bisa disaksikan oleh Anda, pasangan, dan Si Kecil.
  • Terhindar dari kaki dan tubuh yang pegal akibat berkeliling jauh. Liburan di hotel bisa dijadikan sebagai waktu istirahat dan bersantai dari penatnya pekerjaan. Anda bisa menikmati kebersamaan sambil berenang bareng anak-anak, menemani mereka bermain di kids club milik hotel, candle light dinner dengan pasangan, menikmati spa hingga fasilitas kebugaran yang ada di hotel. Asyik, kan?
  • Uang untuk belanja bisa dialokasikan untuk keperluan lain, misal dengan menambah durasi menginap, jika waktu memungkinkan. Uang tersebut juga bisa ditabung untuk biaya liburan lain waktu.

Baca: 7 Pertimbangan dalam Memilih Hotel Saat Liburan Bersama Anak

Tips menghabiskan waktu liburan di hotel:

  • Jika membawa Si Kecil, pastikan bahwa hotel yang Anda tinggali menyediakan sarana rekreasi atau playground. Anda harus bisa menjaga mood anak agar tidak cranky dan mengakibatkan liburan keluarga menjadi tidak nyaman.
  • Karena sebagian besar waktu Anda dan keluarga dihabiskan berada dalam hotel, pastikan sebelum check-in hotel tersebut memiliki fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang keinginan Anda untuk refreshing seperti tempat gym, spa, atau swimming pool. Baik mood anak maupun orang tua harus dijaga agar bisa sama-sama rileks menjalani liburannya.
  • Hotel dengan view dan lingkungan yang bersih mampu membuat tubuh Anda dan keluarga terasa lebih segar. Pilihlah kamar yang nyaman dan memiliki balcony sehingga morning view Anda akan membuat mood keluarga pada hari itu terasa lebih baik.
  • Free breakfast. Agar Anda dan keluarga tidak sulit mencari sarapan di pagi hari, cek kembali apakah biaya kamar yang Anda pesan sudah termasuk free breakfast untuk Anda dan keluarga.

Baca: 3 Jenis Hotel Paling Dicari di Indonesia

Cara Pintar Cari Hotel

Seringlah membuka situs-situs internet yang menampilkan berbagai hotel di seluruh lokasi beserta harga, fasilitas, dan review dari pelanggan. Cari hotel dengan harga miring namun review-nya bagus. Hal tersebut bisa membantu kita mengetahui apakah hotel tersebut pantas untuk kita jadikan destinasi liburan singkat keluarga atau tidak.

Jika Anda sedang berjalan-jalan atau pergi mengunjungi suatu daerah, coba datangi dan perhatikan penginapan-penginapan yang menarik sehingga saat Anda ingin berlibur ke daerah tersebut, Anda tahu lokasi dan letak penginapannya.

Baca: 10 Tips Liburan Nyaman Bersama Keluarga

Sebelum mem-booking kamar hotel, pahami fasilitas yang disediakan lalu bandingkan dengan harganya, apakah cukup menarik atau tidak. Lihat juga apa yang ada di lokasi sekitar hotel, agar jika Anda benar-benar suntuk dengan suasana dalam hotel, Anda tahu harus kemana.

Sebisa mungkin pilihlah hotel yang nyaman untuk Anda dan keluarga menginap, jangan sampai menyesal karena hanya tergiur harganya yang cukup murah namun liburan Anda jadi tidak menyenangkan.

Rizky Aulia D/NOVA

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.