Ini 3 Tips Rahasia untuk Berburu Tiket Pesawat Murah!

Editor: nova.id / nova.id
Jumat, 1 Juli 2016
Foto :

Musim liburan sekolah memang sudah berlangsung. Namun jika saat ini Anda belum memutuskan untuk melakukan perjalanan wisata ke suatu tempat, ada baiknya mulai mengecek secara online sejumlah situs maskapai penerbangan, terutama yang sedang menggelar program diskon besar-besaran untuk liburan.

Daripada menenteng banyak barang untuk naik kereta dan bus antar-kota, atau menyetir mobil sendiri ke luar kota, memilih menggunakan moda transportasi pesawat udara memang paling tepat dan cepat. Sayangnya, harga tiket pesawat, terutama menjelang momen liburan, hari raya, atau weekend acap kali melambung tinggi.

Jangan khawatir, ada rahasia yang akan kami bagikan untuk Anda agar sukses mendapatkan tiket murah secara online. Ada banyak situs yang bisa memberikan Anda banyak bantuan dan panduan agar membeli tiket murah jadi lebih menyenangkan dan mudah dilakukan.

Sudah siap? Yuk, kita mulai berburu tiket pesawat murahnya!

1. Ketahui Website Penyedia Tiket Pesawat yang Terpercaya

Jika hanya melihat harga tiket dari website resmi milik perusahaan maskapai penerbangan saja, Anda akan kehilangan peluang besar lain. Anda sebenarnya bisa memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan tiket lebih murah di tanggal yang berbeda, atau maskapai penerbangan yang berbeda pula.

Kebanyakan maskapai penerbangan tidak meyediakan fitur yang memudahkan konsumen untuk mencari tanggal keberangkatan lebih dari satu tanggal secara bersamaan, bahkan banyak pula dari mereka yang tak secara detail mencantumkan harga tiketnya dalam website.

Untuk itu, perluas peluang Anda dengan membuka website pencarian tiket pesawat yang cukup terpercaya seperti Matrix. Anda bisa mencari tiket dengan fitur yang lebih lengkap, karena bisa sekaligus melihat beberapa tanggal keberangkatan sekaligus.

Anda pun bisa dengan mudah membandingkan antara tanggal yang satu dengan tanggal lainnya, yang sesuai budget. Atau tinggal melihat dalam daftar tanggal yang menawarkan harga tiket lebih murah, yang mendekati tanggal rencana keberangkatan Anda.

Dan sebelum benar-benar membeli tiket pesawatnya, Anda sebaiknya buka juga situs Airfare Watchdog. Ini adalah situs pencarian website resmi maskapai penerbangan untuk memudahkan Anda melakukan transaksi. Di situs ini Anda mungkin akan mendapatkan harga tiket yang sangat terjangkau, dibandingkan di tempat lain.

Sebab, banyak pula maskapai penerbangan yang tak secara detail menjelsakan biaya tambahan apa saja yang harus Anda bayar selain tiketnya. Seperti untuk tambahan bagasi, misalnya. Jangan sampai Anda membayar mahal dan tak sesuai harapan.

BACA: 8 Tips Agar Bagasi Aman dari Pencurian Porter Bandara

2. Belilah di Waktu yang Tepat

Anda pasti sudah sangat tahu, membeli tiket di hari yang sama namun di minggu yang berbeda, bahkan di jam yang berbeda pula, akan menghasilkan harga yang berbeda. Ya tentu saja, Anda ingin sekali bisa membeli tiket delapan minggu sebelum hari H keberangkatan.

Sebab biasanya maskapai penerbangan di dunia memiliki standar untuk mengeluarkan program diskon harga tiket sejak delapan minggu sebelum hari keberangkatan. Namun apa mau dikata, rencana bisa berubah sewaktu-waktu, bukan?

Sejumlah pengamat soal tiket pesawat di Amerika Serikat mengatakan, hari Selasa siang merupakan waktu yang paling baik untuk mendapatkan harga tiket, dan Anda pun sudah bisa membandingkannya dengan harga tiket maskapai lain yang biasanya meluncurkan harga tiket di hari Senin siang.

Peter Greenberg dari CBS News menyarankan, belilah tiket di hari Rabu siang jam 13.00 jika di hari Selasa Anda tak sempat memuka website untuk belanja tiket online. Namun sejumlah peneliti dari Texas A&M mengatakan, justru di saat akhir pekanlah waktu yang paling baik untuk memesan tiket pesawat untuk berlibur.

Tanggal yang Anda tuju untuk berlibur juga akan memengaruhi perbedaan harga. Oleh karena itu, para peneliti tadi menyarankan untuk mencari tiket di hari kerja pada pagi hari atau setelah jam kerja berakhir di petang hari, untuk mendaptkan harga lebih murah. Nah, setelah memilih waktu yang tepat untuk membeli tiket, kini saatnya Anda beralih ke website lain. Anda bisa klik Kayak. Ketika mencari fitur pencarian tiket, Anda bisa melihat harga tiket pada kotak Price Trend yang tersedia di kolom sebelah kiri layar komputer.

Di fitur ini juga akan diberitahu apakah Anda sebaiknya langsung membeli atau menunggu, hingga pihak Kayak sampai pada level aman untuk membeli tiket dengan harga termurah. Jika Anda menginginkan informasi lain soal bagaimana mengambil keputusan, tingal klik kotak yang ada di paling bawah dengan huruf "i" kecil.

Namun perlu juga Anda tahu, terkadang mendapatkan tiket murah sangat menyenangkan, tapi di sisi lain membutuhkan usaha ekstra. Seperti harus menerima kenyataan dapat jam terbang yang justru sangat tak menyenangkan. Terbang jam 2 pagi? No thanks! Untuk itu, ada baiknya Anda cek juga situs Hipmunk untuk bisa mengecek dengan cepat jadwal terbang sekaligus dengan harga yang sesuai dengan kenyamanan yang Anda inginkan.

3. Pantau Terus Soal Harga

Hanya karena Anda sudah mendapatkan harga tiket yang murah, bukan berarti Anda juga harus mendapatkan pelayanan yang murahan, dong. Kabar baiknya adalah, kini sudah banyak maskapai penerbangan yang akan mengembalikan uang Anda jika ternyata harga tiketnya turun kembali, setelah tiket ada di tangan Anda.

Namun, siapa juga yang akan mau memantau harga tiket terus menerus sepanjang waktu? Tenang, situs Yapta akan siap membantu Anda. Situs ini akan memasang matanya setiap saat untuk memantau tiket yang Anda inginkan, terutama ketika harganya sedang turun.

Yapta mengklaim mampu membuat penggunanya hemat sebanyak sekitar Rp3 juta-an per orang yang pesan tiket. Sehingga penghematan uang itu bisa Anda gunakan untuk menginap di hotel yang lebih bagus, memasuki restoran favorit di kota setempat, atau bahkan menyimbannya kembali di tabungan untuk melanjutkan hidup seusai berlibur.

Beruntung sekali bagi Anda, kini semua situs untuk mendapatkan tiket murah secara online tadi bisa dengan mudah dibuka atau diunduh pada ponsel pintar. Jadi, kapanpun Anda membutuhkannya, bisa langsung online dari genggaman Anda.

Intan Y. Septiani / Sumber: USA today

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.

Populer