5 Keuntungan Punya E-Paspor Dibanding Paspor Biasa Saat Traveling

Editor: Ade Ryani HMK / nova.id
Rabu, 11 Januari 2017
Foto : travelandleisure.com
Tiap negara memiliki warna paspor yang berbeda. Apa artinya?

Pemerintah Indonesia mulai memberlakukan e-paspor (paspor elektronik) pada 2013 lalu. Hal yang paling membedakan antara kedua paspor tersebut adalah chip yang terdapat pada e-paspor.

"Data di e-paspor itu lebih lengkap dibanding paspor biasa. Kalau paspor biasa, kan, datanya hanya data pemegang saja. E-paspor datanya lengkap dan akurat seperti data biometrik," tutur Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Heru Santoso. 

Data biometrik ini sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO) dan telah digunakan dalam paspor baru beberapa negara lainnya seperti Australia, Amerika Serikat, Malaysia, Inggris, Jepang, Selandia Baru, Swedia, dan lain-lain.

Sedikitnya ada empat keuntungan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) memiliki e-paspor. Dihimpun KompasTravel  berikut daftarnya.

1. Data lebih lengkap

Sesuai pernyataan Heru Santoso yang dipaparkan sebelumnya, e-paspor memiliki data yang lebih lengkap dan akurat. Data biometrik ini mencakup sidik jari, juga bentuk wajah pemegang paspor yang bisa dikenali lewat pemindaian. 

Baca: Ini Alasan Jangan Mengunggah Foto Boarding Pass di Media Sosial

2. Susah dipalsukan

E-paspor memiliki chip yang tertanam di dalamnya. Chip tersebut membuat paspor sangat sulit dipalsukan, sehingga terjamin keamanannya dibandingkan pemegang paspor non-elektronik. 

Baca: Jangan Salah Pilih, Ini 7 Posisi Kursi Terbaik di Pesawat

3. Autogate

Khusus warga Jakarta dan Bali, pemegang e-paspor tidak perlu lagi mengantre di pintu pemeriksaan imigrasi. Anda bisa langsung menuju autogate untuk memindai e-paspor sebelum masuk ke boarding gate. Hal ini tentu mempersingkat waktu antrean di bandara.

Baca: 4 Warna Sampul Paspor di Dunia Ini Memiliki Arti Berbeda

4. Lebih mudah mendapatkan penyetujuan visa kunjungan 

Pemegang e-paspor memiliki kesempatan untuk lebih mudah mendapatkan penyetujuan visa kunjungan. Hal ini disebabkan pemegang e-paspor akurat dan valid serta dapat dengan mudah diverifikasi oleh kedutaan negara yang didatangi.

5. Bebas visa Jepang

"Untuk penggunaan, e-paspor memiliki keuntungan seperti dalam kunjungan wisata. Pemilik e-paspor bisa berkunjung ke negara Jepang tanpa visa," tutur Heru.

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.