Peduli Kesehatan, Riezki Aisah Kenalkan Yoga untuk Si Big Size

Editor: Ade Ryani HMK / nova.id
Rabu, 11 Januari 2017
Foto :
Peduli Kesehatan, Riezki Aisah Kenalkan Yoga untuk Si Big Size

Selebgram cantik Riezki Aisah juga tak mengenal kata minder soal bentuk tubuhnya. Kiki, sapaan akrabnya, justru aktif mendukung gerakan body positive movement yang mengajak orang lain agar bisa mencintai dan menghargai dirinya sendiri.

Tak hanya itu, perempuan kelahiran Jakarta, 26 April 1992 itu juga menjadi founder Currvyoga Indonesia yang dikhususkan untuk masyarakat yang memiliki badan bigsize!

“Awalnya, karena aku setiap hari yoga dan menemukan banyak ilmu dari kelas yoga yang aku ikuti, aku memiliki keinginan untuk mengajak seluruh perempuan plus size di Indonesia untuk sama-sama mulai bergerak dan mulai menjadikan olahraga sebagai lifestyle bukan lagi sebagai ajang untuk menguruskan diri, tetapi lebih ke sehat dan bugar,” kisah Kiki mengawali obrolan bersama NOVA.

Baca: Lambung Rusak karena Obat Pelangsing, Kini Aditira Hanim Jadi Selebgram Modis

Berangkat dari keinginannya tersebut, Kiki pun menghubungi Ririe Bogar, seorang pendiri komunitas perempuan big size di Indonesia, untuk mengadakan workshop yoga.

“RB sangat tertarik dan kami berdua memutuskan bahwa workshop ini merupakan pengenalan kita untuk movement Currvyoga Indonesia,” tambah Kiki yang juga menjelaskan bahwa meski Currvyoga Indonesia memang dikhususkan untuk perempuan big size, tapi mereka pun menerima kaum pria bertubuh big size yang ingin bergabung.

Kiki menyebut alasannya memilih yoga adalah karena mereka yang memiliki tubuh besar umumnya rentan terkena penyakit jantung dan cedera sendi lantaran melakukan aktivitas dan olahraga berat yang membebani kaki untuk menahan bobot tubuh.

Tak hanya soal fisik, orang yang memiliki tubuh besar juga kerap merasa rendah diri karena terus menerus menjadi bahan ejekan dan bullying di lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, yoga dipilih karena bisa menjadi solusi untuk permasalahan tersebut.

“Yoga merupakan (olahraga) low impact dan diajarkan untuk respect and find your inner peace. Dari 2 aspek ini saja sudah sangat membantu persoalan perempuan plus size. Selain sehat, dalam yoga kita juga diajarkan untuk lebih menghargai pada tubuh kita, menghargai segala kelebihan dan kekurangan, menghargai lingkungan sekitar dan selalu berpikir positif."

Selain itu, kata Kiki, dalam yoga kita diajarkan juga untuk tenang, tenang dalam menghadapi permasalahan yang ada, tenang dalam setiap proses kehidupan. "Inner peace sendiri gunanya adalah agar kita dapat berdamai dengan diri dan tubuh kita, tidak selalu menyalahkan tubuh kita yang besar,” tutur perempuan yang juga menjalani olahraga renang, lari, dan zumba itu.

Baca: Inspiratif! Kisah 4 Selebgram Gemuk: Dulu Di-"Bully" Kini Makin Percaya Diri

Di Currvyoga Indonesia, ada syarat tertentu bagi yang tertarik untuk mendaftar, yaitu harus memiliki bobot diatas 70 kg.

“Karena yang saya lakukan adalah body positive movement dan body positive acceptance, maka saya dan partner saya sepakat untuk Currvyoga sendiri sebaiknya diatas 70kg. Kenapa? Karena dari apa yang saya lihat dan alami, perempuan sudah mulai banyak complain dan merasa tubuhnya salah, kehilangan kepercayaan diri, stres, di-bully, dan tidak nyaman dengan satu-satunya tubuh tempat mereka hidup adalah ketika berat sudah mencapai di titik 70 kg ke atas,” jelas Kiki juga menyebarkan semangat positif untuk mencintai diri sendiri di setiap sesi kelas yoga.

Ia berharap semua wanita mampu mencintai dirinya secara keseluruhan, tidak melihat berapa banyak selulit yang dimiliki atau bagaimana orang lain melihat kita.

"Aku ingin membantu mereka yang memiliki kesulitan dalam percaya diri mereka untuk bangkit dan mulai berkarya, menghasilkan sesuatu yang positif dan bermanfaat bagi orang banyak. Menjadi orang lain tidak membuatmu menjadi lebih baik, tapi jadikanlah dirimu sendiri yang terbaik. Jangan takut dengan bentuk tubuhmu, make it fabulous!” tutup Kiki.

Wida Citra Dewi/Tabloid NOVA

Halaman 4 dari 4

1 2 3 4

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.

Populer