4 Cara Memilih Jeans yang Berkualitas dan Memberi Efek Tubuh Lebih Langsing

Editor: Ade Ryani HMK / nova.id
Kamis, 17 November 2016
Foto : ISTOCK
Sebelum membeli celana jeans, pastikan dulu 4 hal berikut agar menemukan jeans berkualitas sesuai bentuk tubuh

Denim terutama celana jeans menjadi kebutuhan personal yang digunakan perempuan maupun laki-laki dalam kegiatan sehari-hari.

Pemakaian celana jeans yang tepat mampu memberi rasa percaya diri dan kenyamanan karena kualitasnya. Karena itu, memili celana jeans harus sesuai bentuk tubuh.

Misalnya, untuk celana jeans model skinny, tak semua bentuk tubuh cocok untuk mengenakannya. Agar membantu perempuan tampil secara proporsional, dirancanglah teknologi yang mampu mendukung anatomi tubuh manusia, khususnya perempuan Asia ketika mengenakan celana jeans.

Norman Lukman, Head of Product Development Lee mengatakan, “Kebutuhan utama dalam memilih jeans adalah kenyamanan dan kesesuaian dengan bentuk tubuh yang beragam. Untuk itu terdapat  3 inovasi baru yang dapat menyempurnakan keunikan bentuk tubuh setiap perempuan, khususnya perempuan Asia.”

Apa saja?

Geodesic shaping

Teknologi geodesic shaping terwujud oleh kantong dan bordiran berbentuk melengkung mengikuti bentuk tubuh, contoured yoke yang merupakan jahitan ganda berbentuk melengkung di bagian atas kantong belakang, dan jahitan samping ganda.

“Teknologi yang satu ini memiliki tujuan untuk mengangkat dan membentuk bagian bawah pinggul, serta membuat kaki terlihat lebih jenjang,” ungkap Norman.

Celana jeans memadukan 3 teknologi untuk menyempurnakan bentuk tubuh perempuan
Celana jeans memadukan 3 teknologi untuk menyempurnakan bentuk tubuh perempuan

Anatomy warping

Teknologi kedua adalah anatomy warping, yang terwujud dengan aplikasi garis dan motif sesuai anatomi tubuh, “Agar dapat memberikan kesan tiga dimensi pada bagian bawah pinggul dan membuatnya terlihat lebih menonjol,” tambah Norman.

Baca: Awas! Pakai Celana Jins Ketat Bisa Rusak Saraf Kaki

Anatomy shading

Sementara teknologi ketiga adalah anatomy shading, dengan gradasi warna halus yang membentuk dan menyempurnakan keseluruhan bentuk tubuh. Sehingga bagi perempuan bertubuh kurus atau flat akan tampak lebih berisi, sedangkan mereka yang bertubuh curvy jadi tampak lebih langsing. 

Baca: Ini Aturan Waktu Mencuci Celana Jins, Bra dan Handuk yang Benar

Jeans tepat mampu memberi efek tubuh lebih berisi ataupun lebih langsing
Jeans tepat mampu memberi efek tubuh lebih berisi ataupun lebih langsing

Di samping itu, Norman juga memaparkan tips agar perempuan tak salah membeli celana jeans yang berkualitas dan bagus dipakai sesuai bentuk tubuh. Bahkan, bisa memberi efek tubuh lebih langsing. Maka, sebelum membeli kenali dulu hal-hal berikut:

1. Teknik Jahitan

Celana jeans berkualitas baik, memiliki teknik jahitan yang kuat dan rapi. Dan memiliki feature yang melekat di produk dengan baik. Hal ini langsung terlihat ketika Anda mengamati seluruh bagian celana jeans yang dipajang di toko. Misalnya, saku bagian depan dan belakang, jahitan pada bagian saku, jahitan samping, jahitan di bagian pinggang, kaki, dan seterusnya.

Baca: Yuk, Bikin Kantong Jeans Multifungsi untuk Tempat Penyimpanan!

2. Finishing Detail

Mengingat anatomi tubuh perempuan lebih beragam dibanding laki-laki, amat penting untuk mengenali bentuk tubuh Anda dengan baik.

Saat membeli jeans, perhatikan serinci apa finishing detail yang ada. Misalnya, kancing, ritsleting, hingga detail berupa bagian pinggang sisi belakang yang dibuat lebih tinggi daripada bagian depan untuk menutupi tubuh perempuan.

Selain itu, lihat juga efek guratan putih yang biasanya terdapat pada bagian paha, lutut, bokong, atau pinggul jika Anda memang ingin membeli celana jeans dengan detail demikian.

Baca: 5 Tips Modis Padu Padan Celana Jins untuk Hijabers

3. Jenis Bahan

Apa tanda bahan celana jeans yang bagus? Tentu sangat penting untuk memegang bahan dan mengenali dengan baik celana jeans yang ingin Anda beli. Untuk jenis bahan yang stretch, ketika ditarik cepat kembali ke semula, “Itu tanda bahan spandex yang bagus. Tapi, kalau ditarik baliknya lama, berarti kualitas bahan kurang bagus.”

Jika tidak mencari jenis bahan stretch, celana jeans dengan kualitas bahan yang bagus biasanya mengandung 100 persen katun.

Baca: Cara Tepat Mengukur Jeans

4. Coba Sebelum Membeli

Hal ini tentu amat penting, agar kita tahu apakah ukuran celana jeans tersebut pas atau tidak. Demi faktor kenyamanan, setiap kali mencoba celana jeans, coba posisi jongkok untuk memastikan ukuran tersebut pas di badan Anda, tidak kesempitan ataupun kelonggaran. 

Penulis : Ade Ryani HMK

Soulful Writer at Tabloid NOVA since 2010.