3 Langkah Lengkap Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit

Editor: Annelis Brilian / nova.id
Jumat, 5 Februari 2016
Foto : ISTOCK
Tips lengkap memilih foundation sesuai warna kulit.

Foundation merupakan salah satu bagian penting dari keberhasilan riasan wajah. Di pasaran, banyak sekali warna dan jenis foundation yang dikeluarkan oleh perusahaan makeup.

Tapi, bagaimana memilih warna foundation sesuai kulit wajah? Terlebih, kadang dalam satu bran makeup bisa mengeluarkan lebih dari lima shade warna foundation.

Berdasarkan pengalaman, terkadang bertanya pada BA (beauty advisor) di counter kecantikan pun belum tentu menemukan rekomendasi warna foundation yang sesuai kulit wajah.

BACA: Cara Pakai Alas Bedak Agar Awet dan Merata di Wajah

Jadi, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara memilih foundation sesuai warna kulit Anda. Mengapa ini penting? Pemilihan warna foundation yang salah membuat makeup terlihat tidak natural dan seperti topeng.

Nah, apa saja yang harus diperhatikan kala memilih foundation sesuai warna kulit?

1. Bukan Untuk Mengubah Warna

Perlu diketahui, fungsi dari foundation adalah untuk menutupi kekurangan yang ada pada wajah, bukan untuk mengubah warna kulit.

Jika pemilihan warna foundation sudah benar, maka ia akan menyatu dengan kulit dan tak akan membuatnya seperti topeng. Jadi pilihlah foundation yang mendekati warna kulit. Jika Anda tidak bisa menemukan warna yang sesuai dengan kulit, cobalah mencampur dua warna foundation hingga menemukan warna yang pas dan sesuai dengan kulit wajah.

2. Warna Hangat dan Warna Dingin

Seperti warna kulit, warna foundation juga terdiri dari warna hangat dan warna dingin.

Warna foundation

Foundation warna hangat biasanya menggunakan dasar kekuningan, sedangkan foundation warna dingin biasanya seperti bernuansa warna rose atau pink.

Warna hangat pada foundation biasanya dikenal dengan istilah natural, ivory, peach, golden, copper.

Sementara warna dasar dingin pada foundation diwakili oleh istilah pink, rose, sand, porcelain, olive, sementara beige biasanya masuk pada kategori netral.

3. Oles ke Area Rahang

Nah, karena warna foundation itu banyak, jadi untuk memilih foundation yang sesuai warna kulit bisa dilakukan dengan mengoles beberapa warna foundation ke daerah rahang.

memilih warna foundation

Lalu, diamkan beberapa saat. Olesan warna foundation yang terlihat belang di wajah berarti warna foundation tersebut tidak sesuai dengan kulit Anda.

Tapi, bila olesan foundation membaur di kulit, berarti itu adalah foundation yang sesuai warna kulit.

Cara Menggunakan Foundation

Foundation banyak jenisnya, ada yang berbentuk krim, stik, cair, dan compact. Foundation bisa diaplikasikan dengan bantuan jari atau kuas. Tapi berdasarkan pengalaman, mengaplikasikan foundation menggunakan Sponge Makeup seperti Beauty Blender menjadi pilihan karena hasilnya lebih natural dan flawless.

BACA: Kenali Alas Bedak Sesuai Jenisnya

Guna Lain Foundation

Selain sebagai alas bedak, foundation juga bisa digunakan sebagai shading dan highlight pada beberapa bagian wajah.

Fungsinya, untuk membuat bentuk wajah jadi lebih proposional. Untuk shading dalam membentuk wajah, dibutuhkan beberapa tingkatan warna yang sesuai dengan bagian mana yang akan digelapkan dan bagian mana yang akan ditonjolkan.

Itulah tipe memilih foundation sesuai warna kulit wajah, semoga Anda tak salah lagi menggunakannya.

Penulis : Hani / Blogger Partner

Full-time Dreamer, Apothecary, Beauty & Skincare Enthusiast.
Website : www.nonahikaru.com