Makan Nanas Bisa Bikin Ibu Hamil Keguguran? Begini Penjelasan Ilmiahnya

Editor: Ade Ryani HMK / nova.id
Kamis, 5 Januari 2017
Foto : momjunction
Rupanya ini alasan ilmiah dibalik mitos makan nanas bisa bikin ibu hamil keguguran

Sepanjang masa kehamilan, seorang ibu hamil tentu sering mendapat banyak nasihat dan pantangan yang bermaksud baik dari teman, anggota keluarga, bahkan saat berpapasan dengan orang asing. Banyak dari informasi yang Anda terima ternyata sangat membantu.

Namun, beberapa di antaranya juga terdengar meragukan, misalnya makan nanas saat hamil menyebabkan keguguran atau persalinan sebelum waktunya.

Sebenarnya penyebab mitos ini muncul didasarkan pada alasan ilmiah. Nanas mengandung enzim bromelain yang bekerja memecah protein dalam tubuh.

Karena janin yang baru dikandung terdiri dari sel protein sederhana, asupan bromelain diduga dapat menyebabkan perdarahan dan keguguran. Selain itu, bromelain juga diduga merangsang leher rahim untuk melunak dan melonggar sehingga dapat memicu persalinan dini.

BACA: Kapan Sebaiknya Hamil Lagi Setelah Keguguran?

Itu sebabnya bromelain, dalam bentuk tablet atau kapsul suplemen, memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu selama hamil. Benar bahwa bromelain memecah protein dalam tubuh yang dapat memicu kontraksi dini dan/atau perdarahan abnormal, dan oleh karena itu, meningkatkan risiko keguguran.

Tapi, apa iya makan nanas sangat berisiko sebabkan keguguran pada ibu hamil? Ternyata, hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Sebab dosis bromelain dalam satu buah nanas segar utuh tidak cukup tinggi untuk bertindak sebagai obat yang berdampak pada kehamilan.

Baca: Mengatasi Kaki Sakit dan Lecet Saat Hamil

Sebagai perbandingan, The German Commission E, dilansir dari University of Maryland Medical Center merekomendasikan konsumsi 80-320 mg bromelain untuk mengobati berbagai masalah pencernaan dan peradangan otot.

Berdasarkan studi Duke University Medical Center di 2011, dilansir dari NCBI, satu porsi jus nanas segar yang dimurnikan dari batang (sumber utama bromelain) hanya mencapai 16 mg.

Baca: 4 Penyebab Keguguran Saat Hamil Muda

Jumlah bromelain yang ditemukan pada nanas segar terlalu kecil untuk memiliki efek perubahan nyata pada rahim dan sitem reproduksi. Selain itu, hampir sebagian besar kandungan bromelain akan hilang selama proses pengalengan atau jus.

Agar kandungan bromelain murni dalam buah nanas bisa mencapai efek menggugurkan kandungan, seorang ibu hamil harus makan 7-10 buah nanas segar utuh sekaligus.

Kesimpulannya, makan nanas saat hamil dalam porsi secukupnya (tak lebih dari 3 porsi per hari) setiap minggu selama hamil, pada umumnya tidak membawa dampak buruk pada keselamatan kehamilan Anda.

Sumber: HelloSehat

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.