Lupa dan Terlewat Minum Pil KB, Haruskah Segera Pakai Kondom?

Editor: Annelis Brilian / nova.id
Jumat, 27 Mei 2016
Foto : newhealthadvisor
Bagaimana bila lupa dan terlewat minum pil KB?

Pil kontrasepsi atau pil KB disukai lebih dari 100 juta wanita di dunia, karena relatif mudah digunakan dan efektif untuk merencanakan kehamilan, selama penggunaannya benar dan sesuai aturan.

Menurut dr. Boy Abidin SpOG (K), agar efektif, pil kontrasepsi harus diminum rutin setiap hari di jam yang sama sampai selesai satu siklus. Bukan hanya pada saat akan berhubungan intim. Lalu, bagaimana jika kita terlewat minum pil KB karena lupa? Memang, karena harus teratur dikonsumsi, kita seringkali lupa dan terlewat minum pil KB.

BACA: 5 Penyebab Alat Kontrasepsi Gagal Berfungsi

Cara menangani bila lupa minum pil KB beragam, tergantung rentang waktu Anda terlewat minum pil KB tersebut. 

1. Jika lupa satu atau dua pil KB hormonal biasa, segera minum pil yang lupa dan tak perlu kontrasepsi tambahan.

2. Sedangkan, jika lupa satu pil KB hormonal low dose (dosis rendah) 20 mikrogram, bisa langsung dilanjutkan minum pil berikutnya dan tanpa perlu kontrasepsi tambahan.

3. Lantas, bagaimana bila jadwal minum pil KB terlewat hingga 12 jam? “Bila lupa dalam rentang 12 jam, segera setelah ingat, minum pil yang terlupa dan pil berikutnya. Artinya minum sekaligus dua pil dalam satu hari,” jelas dr. Boy.

BACA: Begini Cara Kerja Pil KB Mengontrol Kehamilan

4. Tapi, jika lupa lebih dari tiga pil, selain tetap melanjutkan minum pil, Anda bisa menggunakan kondom sebagai kontrasepsi tambahan.

Sumber: Kompas Health

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.