Cegah Stunting dengan Gizi Seimbang Sebelum Rencanakan Kehamilan

Editor: nova.id / nova.id
Minggu, 19 April 2015
Foto :

Tabloidnova.com - Pemenuhan gizi di awal kehidupan manusia merupakan modal untuk membangun kehidupan yang sehat, cerdas, serta produktif bagi generasi mendatang.

Maka dari itu, pemenuhan gizi di awal kehidupan ini harus menjadi perhatian bersama, termasuk di Indonesia. Dan di Indonesia, pemenuhan gizi dapat difokuskan pada sejumlah zat gizi yang masih ditemukan defisiensinya, yakni protein, asam lemak esensial, zat besi, kalsium, yodium, zink, vitamin A, vitamin D, dan asam folat.

Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Hardinsyah, MS, mengatakan, "Masalah gizi di Indonesia hingga saat ini masih tergolong memprihatinkan. Hal ini terlihat dari jumlah balita yang bertumbuh pendek atau stunting. Ini diakibatkan oleh masalah kekurangan gizi di Indonesia yang masih cukup tinggi, yakni mencapai angka 37,2 persen atau sebanyak 8,8 juta balita di Indonesia pada tahun 2013."

Sehingga, lanjut Hardinsyah, untuk mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah dan balita tumbuh stunting atau bertubuh pendek, maka pemenuhan gizi seimbang harus terus dilakukan, terutama bagi calon ibu hamil, ibu hamil (bumil), ibu menyusui (busui), dan balita.

"Terutama difokuskan pada zat gizi yang masih terdapat defisiensinya di Indonesia, seperti protein, asam lemak esensial, zat besi, kalsium, yodium, zink, vitamin A, vitamin D, dan asam folat," papar Hardinsyah. Lantas, dari mana saja sumber sejumlah zat gizi untuk mencapai pemenuhan gizi di awal kehidupan?

Hardisyah mengatakan, "Sejak dahulu kita sudah diajarkan secara sederhana untuk selalu makan 4 sehat 5 sempurna. Semua zat gizi yang seimbang ini bisa didapatkan dari sumber makanan yang mengandung protein nabati dan hewani, karbohidrat, mineral, lemak, serta vitamin yang berasal dari buah-buahan dan sayuran."

Dan demi memperbaiki kondisi gizi masayarakat Indonesia, lanjut Hardisnyah, melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019, "Peningkatan Kesehatan Ibu & Anak" serta "Perbaikan Status Gizi Masyarakat" telah ditetapkan sebagai 2 dari 10 isu strategis nasional serta arah pembangunan kesehatan dalam lima tahun ke depan.

Intan Y. Septiani

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.