Apa yang Bisa Dilihat dari Hasil Deteksi Dini pada Janin?

Editor: nova.id / nova.id
Selasa, 7 April 2015
Foto :

Kesehatan

"Foto: Getty Images "

Tabloidnova.com - Dengan melakukan deteksi dini pada janin, calon ibu merasa lebih aman dan siap menanti kehadiran calon buah hati.

Menurut Dr. med. Damar Prasmusinto, SpOG. (K) Fetomaternal, dari Brawijaya Women & Children Hospital, hamil adalah suatu investasi yang tak hanya bagi orangtua saja, tapi juga untuk generasi selanjutnya.

"Jadi, anak itu harus disiapkan. Selain itu, ibu hamil pun harus memiliki perasaan bahagia, nyaman, tenang. Sehingga bayinya diharapkan lahir sehat dan menjadi anak berkualitas."

Bukan hanya si anak saja yang diharapkan lahir sehat, tapi juga kondisi ibu saat hamil. Karena begitu diketahui ada masalah pada janin, misalnya kelainan bawaan, diharapkan bisa dicegah kondisi kehamilan yang buruk. "Kebanyakan perempuan merasa hamil normal, tapi normal dalam tanda kutip. Ternyata kalau diperiksa lebih dalam, pasti ada sesuatu yang salah di kehamilannya."

Damar melanjutkan, saat ini bukan zamannya lagi perempuan tidak peduli lagi dengan masalah kehamilan. Banyak yang salah persepsi, misalnya, perempuan hamil kakinya bengkak atau kesemutan tidak masalah. "Padahal, perempuan hamil sebaiknya kakinya tidak bengkak. Karena bisa jadi penyebabnya kekurangan protein. Nah, untuk mengetahuinya harus melakukan deteksi dini pada janin atau screaning ibu hamil."

Lewat pemeriksaan atau deteksi dini pada janin, akan diperoleh banyak sekali data untuk mengetahui kondisi janin dan ibu. "Pemeriksaan fetomaternal tidak hanya lewat USG saja, tapi juga pemeriksaan darah untuk mengetahui apakah ada anemia atau talasemia, misalnya."

Tes laboratorium untuk mengetahui apakah kekurangan vitamin atau mineral. "Misalnya ada kekurangan zat besi, anaknya bisa jadi kurang pintar."

Sedangkan pemeriksaan USG dapat mendeteksi apakah di usia kehamilan lanjut akan mengalami preeklamsia. "Begitu ketahuan harus diperbaiki nutrisinya agar jangan sampai terjadi preeklamsia. Biasanya di usia kehamilan muda kondisi kehamilan masih normal, namun dengan deteksi dini pada janin dan ibu hamil, bisa ketahuan risiko-risiko kehamilannya."

Noverita K. Waldan

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.