Sudah Tahu, Ada 2 Ciri Pisang yang Bagus untuk Atasi Kanker dan Diabetes?

Editor: Ade Ryani HMK / nova.id
Rabu, 15 Februari 2017
Foto : Banana
Sudah Tahu, Ada 2 Ciri Pisang yang Bagus untuk Atasi Kanker dan Diabetes?

Rasanya yang manis dan tingginya kandungan nutrisi membuat pisang disukai oleh banyak orang. Namun, ternyata kandungan nutrisi yang ada di dalam pisang ini tergantung dari kematangannya, lo!

Jadi, pisang dengan kulit yang hijau dan sedikit keras akan memiliki nutrisi berbeda dengan pisang yang berwarna kuning dengan tekstur yang lembut. Agar tidak salah memilih, yuk, simak perbedaannya sepeti yang dikutip dari Brightside ini.

Pisang matang

Buah pisang sendiri memiliki kandungan protein spesifik (tumor necrosis factor) yang membantu tubuh untuk menghindari risiko kanker yang terjadi.

Pisang dengan kondisi yang matang memiliki banyak kandungan bermanfaat yang baik untuk mencegah kanker. Maka dari itu, sejumlah ahli kesehatan pun merekomendasikan untuk mengonsumsi buah pisang dengan kulit yang gelap dan berbintik kecoklatan.

Buah pisang yang matang sempurna yang ditandai dengan kulit gelap dan berbintik kecoklatan juga mengandung banyak kalium dan magnesium. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh. Pisang dengan kandungan kalium dan magnesium yang tinggi juga berperan untuk menghindari kram otot.

Oleh sebab itu, tidak sedikit para atlet yang mengonsumsi buah pisang agar tidak mengalami kram otot saat sedang bertanding.

Selain itu, mengonsumsi pisang matang secara teratur juga dapat mencegah terjadinya batu ginjal sebbanyak 40%. Hal ini karena pisang mengandung kalium yang tinggi. Mengonsumsi pisang matang sebanyak 1,3 gram setiap harinya juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 26%. 

Bukan hanya itu, kandungan kalium yang ada di dalam pisang juga membantu mengurangi kandungan kolesterol dalam darah serta penyakit lambung.

Saat merasa sedih, kita juga bisa lo mengonsumsi pisang matang ini. Hal ini lantaran pisang yang sudah matang mengandung banyak dopamine atau hormone kebahagiaan, sehingga dapat mempengaruhi perasaan seseorang.

Baca: Sudah Tahu, Manfaat Masker Buah Pisang untuk Kecantikan Kulit Wajah?

Pisang belum matang berwarna hijau

Apabila pisang yang sudah matang mengandung banyak kalium dan magnesium yang bagus untuk mencegah kanker, maka pisang dengan kulit berwarna hijau memiliki kandungan pati yang bagus untuk penderita diabetes.

Kandungan pati yang terdapat dalam pisang hijau ini sebanyak 12, 5 gram. Sehingga, orang yang menderita diabetes, sangat disarankan untuk mengonsumsi pisang berwarna hijau ini.

Manfaat lain dari mengonsumsi pisang yang masih berwarna hijau yakni bisa mencegah munculnya lemak atau selulit pada tubuh. Mengonsumsi pisang berwarna hijau sangat bagus untuk meningkatkan pengeluaran energi dalam tubuh.

Hal ini cocok bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Maka untuk mendapatkan khasiatnya, kita bisa mulai mengonsumsi pisang hijau ini sebanyak 10 gram per hari. 

Baca: Khasiat Pisang Untuk Cegah Payudara Jadi Kendur

Nah, sekarang sudah tahu, kan, manfaat pisang lebih dalam? Yuk, perbanyak makan pisang untuk kesehatan tubuh kita.

Laili Ira Maslakhah/NOVA.id

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.