Mandi dengan Air Tak Layak, Bikin Kulit Jadi Kusam dan Menghitam

Editor: Marfuah Panji astuti / nova.id
Jumat, 17 Februari 2017
Foto : istockphoto
Mandi dengan air tak layak, bikin kulit jadi kusam dan menghitam.

Apakah sering mengalami iritasi kulit tanpa sebab? Jangan-jangan karena air tanah yang digunakan untuk mandi mengandung logam, kuman, atau bakteri. Mandi dengan air tak layak, bikin kulit jadi kusam dan menghitam.

Awalnya kulit kering, kemudian gatal, lalu digaruk dan jadi iritasi. Setelah iritasi, kulit berubah menjadi lebih hitam, karena sisa luka tersebut.

Baca: 5 Langkah Cegah Kulit Kusam dan Bintik Hitam di Usia Muda

"Awalnya kusam, karena logamnya tinggi. Setelah itu mengitam, karena gatal, lalu digaruk dan berubah menjadi luka. Bekas lukanya jadi menghitam," jelas dr. Fitria Amalia Umat Sp.KK., kepada Nova.id.

Bila ini yang terjadi, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan iritasinya. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk meredakan iritasi.

"Biasanya dokter akan mengobati iritasinya. Bila sudah sembuh, baru dilakukan perawatan," imbuhnya.

Apa yang harus dilakukan jika kulit terlanjut kering lantaran air tanah yang digunakan untuk mandi dan kebutuhan sehari-hari terkontaminasi logam dan bakteri?

Pencegahan yang bisa dilakukan adalah gunakan pelembab usai mandi. Lalu, sebaiknya jangan mandi terlalu lama, untuk mengurangi terpapar air yang tercemar itu.

"Kalau sensitif dengan pelembab, mandinya jangan lama-lama," tandasnya.

Baca: 6 Cara Praktis Atasi Kulit Kering

Langkah lainnya, coba didihkan air sebelum digunakan. Lalu bisa juga menggunakan cairan sanitasi untuk air.

 

Menda Clara Florencia/Nova.id

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.