Ibu Rumah Tangga, Ini Bahaya Menonton TV 5 Jam Sehari Bagi Kesehatan

Editor: Ridho Nugroho / nova.id
Selasa, 1 September 2015
Foto : HuffingtonPost
Para Ibu, Ini Bahaya Menonton TV 5 Jam Sehari Bagi Kesehatan

Tanpa bermaksud mendiskriminasi posisi dan peran sebagai ibu rumah tangga, namun para perempuan yang tidak bekerja di kantor serta membesarkan anak di rumah tentu punya waktu luang bersantai di rumah.

Nah, biasanya kegiatan senggang di waktu siang atau sore hari dihabiskan dengan menonton tayangan televisi atau infotainment di rumah. Sayangnya, menurut pakar menonton televisi terlalu lama berdampak buruk bagi kesehatan. Apalagi soal efek fatal menonton tv 5 jam sehari untuk tubuh Anda.

Baca: Mau Kurus Tanpa Diet? Cukup Hindari Nonton Televisi!

Penelitian di Universitas Osaka, Jepang, menyimpulkan bahwa menonton tv lebih dari 5 jam setiap hari bisa memicu pembekuan darah yang fatal. Pada penelitian tersebut, pria dan perempuan berusia 40 sampai 79 tahun yang menonton tv lebih dari 5 jam setiap hari berisiko terkena embolisme paru akibat pembekuan darah. Parahnya, pembekuan darah terjadi dua kali lipat dibanding yang hanya menonton tv 2,5 jam per hari.

Baca: Solusi Mengisi Waktu Anak tanpa Tontonan Televisi

Dampak buruk menonton tv 5 jam sehari bagi kesehatan merujuk pada emboli paru atau penyumbatan pada arteri yang menyuplai darah ke paru-paru sehingga berpotensi menyebabkan kematian paru. Kondisi ini biasanya terjadi karena bekuan darah yang terlepas dari pembuluh darah besar kemudian menyebar ke paru.

Baca: Penderita Kanker Paru-paru Termuda Karena Polusi Udara

"Kaki yang tidak digerakkan selama menonton TV bisa menjadi salah satu penyebabnya," kata salah satu peneliti. Dalam riset tersebut diikuti 86.000 orang di Jepang yang berusia di atas 18 tahun. Emboli paru juga bisa terjadi akibat duduk terlalu lama dalam penerbangan yang jauh atau mereka yang harus dirawat lama di rumah sakit.

Baca: Tak Ingin Anak Obesitas? Matikan TV

Lusia Kus Anna/KompasHealth
Sumber: The Telegraph

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.