Hati-hati, 47 Persen Ibu Hamil Berisiko Sakit Gusi!

Editor: nova.id / nova.id
Senin, 16 Maret 2015
Foto :

TabloidNova.com - Ketika tengah mengandung, terdapat penyakit yang sering menyerang ibu hamil. Di antaranya anemia, toksoplasma, preeklamsia, plasenta previa, payah jantung, dan lain sebagainya. Berbagai penyakit tersebut kerap membayangi kondisi tubuh ibu hamil yang dinilai sangat rentan. Tak heran, para dokter menyarankan kombinasi pola hidup sehat demi menjaga kesehatan ibu dan janin.

Tak hanya itu, studi terbaru yang dilakukan oleh para Periodontist mengatakan bahwa sebanyak 47 persen ibu hamil berisiko sakit gusi. Angka ini hampir sebanding dengan kelompok perokok dan pasien diabetes yang menempati persentase cukup besar sebagai penderita penyakit gusi.

Fakta ini dipaparkan oleh drg. Sandra Olivia Kuswandani, MARS, SpPerio, saat acara konferensi pers Sobat Gusi Sehat 'Parodontax' di Downtown Bistro, Sudirman, Jakarta, pada Senin (16/3). Sandra menyebutkan bahwa perempuan hamil masuk dalam kategori kelompok orang yang berisiko besar terkena penyakit gusi. 

"Peradangan gusi yang tidak diatasi secara tepat dapat mengakibatkan keluarnya zat prostaglandin pada ibu hamil yang memicu terjadinya kontraksi dan berkaitan erat dengan risiko kelahiran prematur dan kekurangan berat badan bayi," ujarnya tentang bahaya sakit gusi pada ibu hamil, pada TabloidNova.com. 

Lebih lanjut, pengaruh hormonal atau perubahan hormon progesteron memang menjadi alasan utama mengapa ibu hamil berisiko sakit gusi. Diakui Sandra, saat masa menstruasi, ovulasi, hamil, melahirkan, hingga menyusui, perempuan rentan akan lonjakan hormon yang membuatnya berpotensi mengalami inflamasi gusi alias pembengkakan.

"Biasanya perempuan dulu menghindari kunjungan ke dokter gigi karena percaya akan mitos zaman dulu, padahal nyatanya itu tidak benar. Perempuan hamil wajib memeriksakan kondisi giginya minimal dua kali selama masa kehamilan tanpa terkecuali," sarannya

Sandra pun membenarkan bila ibu hamil berisiko penyakit gusi. Umumnya gejala awal sakit gusi adalah terjadinya peradangan gusi alias gingivitis yang diiringi gusi berdarah ketika menggosok gigi, lalu gusi meradang dengan kerusakan tulang minimal alias periodontitis, kemudian kejadian di mana gigi tanggal atau copot.

Ridho Nugroho
FOTO: Dok corrywilliamdentist

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.