10 Makanan untuk Kurangi Kerusakan Paru-paru Akibat Asap Rokok

Editor: Ade Ryani HMK / nova.id
Selasa, 23 Agustus 2016
Foto : iStock
Hindari dampak buruk sebagai perokok pasif dengan konsumsi makanan bergizi

Dilarang merokok. Rasanya amat familiar, ya, dengan peringatan ini. Namun, sayangnya tak semua tempat umum steril dari asap rokok. Bahkan, di lingkungan rumah pun Anda belum tentu dapat menghindari paparan polusi sebagai perokok pasif.

Padahal, begitu banyak informasi yang menyebutkan dampak negatif rokok bagi tubuh. Sejumlah bahan kimia yang dipengaruhi oleh rokok diantaranya endorfin, serotonin, norepinefrin, dan dopamin.

Kemampuan nikotin mengubah bahan kimia ini menjelaskan perubahan perasaan cemas  ketika seseorang memulai terapi berhenti merokok. Perubahan kimia ini juga memperburuk sakit kepala yang sudah terjadi. Bahkan, batuk kronis, infeksi pada paru-paru atau kanker paru-paru juga dapat terjadi.

Baca: Ingin Pasangan Berhenti Merokok? Ini Caranya!

Agar terhindar dari bahaya paparan asap rokok yang Anda temui sehari-hari, tak ada salahnya rajin mengonsumsi 10 makanan yang menyehatkan paru-paru berikut. Yang menyenangkan, Anda juga bisa menyajikannya sebagai minuman bersama pasangan atau orang terdekat yang berniat berhenti merokok untuk mengurangi kerusakan pada paru-paru mereka.

Dilansir dari BOLDSKY, ini lah asupan bermanfaat tersebut:

1. Wortel

Jus wortel sangat penting dalam diet bagi mantan perokok karena membersihkan paru-paru atau diet alkalin. Dengan rutin meminumnya tubuh akan melakukan detoksifikasi alami untuk mengeluarkan racun didalam darah dan juga organ tubuh. Wortel juga kaya akan vitamin A, C, K and B untuk memperbaiki dan menyembuhkan gangguna pada tubuh.

Baca: 13 Kerugian Lain dari Merokok

2. Jeruk Bali

Jeruk Bali sama seperti halnya jeruk membersihkan paru-paru segera setelah berhenti merokok. Risiko menderita kanker paru-paru akan menurun jika Anda mengonsumsinya.

3. Cranberry

Jus cranberry secara teratur setelah berhenti merokok. Anda membutuhkan banyak antioksidan dari berbagai makanan untuk membersihkan dan memulihkan paru-paru.

4. Bawang

Bawang mengandung antioksidan yang dapat membersihkan racun dalam tubuh.

5. Jahe

Jahe dapat membersihkan lendir di paru-paru karena mengandung antioksidan.

6. Teh Herbal

Teh herbal mampu merangsang usus, mengurangi racun secara bertahap setelah berhenti merokok. Konsumsi secara rutin akan menghilangkan infeksi pada mulut dan kerusakan gigi yang disebabkan kebiasaan menghisap rokok. Termasuk meningkatkan kinerja paru-paru, hati serta menyehatkan tenggorokan.

7. Air Putih

Minum air putih sebanyak mungkin dapat membantu mengusir polutan dalam tubuh.

Baca: Hindarkan Anak dari Rokok, Orangtua Harus Tegas

8. Nanas

Jus nanas baik untuk membersihkan paru-paru.

9. Brokoli

Sayuran hijau ini sangat penting dikonsumsi setelah berhenti merokok maupun saat Anda sering terpapar asap rokok. Selain membersihkan paru-paru dari racun termasuk nikotin, nutrisi didalamnya juga mampu meregenerasi paru-paru yang rusak.

10. Bayam

Manfaat terbaik dari bayam adalah membantu ginjal Anda mengeluarkan racun-racun yang ada dalam darah. Bayam kaya vitamin dan folic acid yang membuat Anda tak merasa ‘lapar’ untuk menghisap rokok lagi

Penulis : Noverita