Terkuak, 5 Penyebab Anda Merasa Lelah Setelah Berolahraga!

Editor: Ridho Nugroho / nova.id
Kamis, 25 Agustus 2016
Foto : Theworkoutmagazine
Terkuak, 5 Penyebab Anda Merasa Lelah Setelah Berolahraga!

Pernahkah Anda merasa sangat lelah dan lemas setelah menjalani rutinitas kebugaran? Jika iya, Anda tidak boleh menganggapnya sepele. Sebab, rasa lelah dan letih tersebut bukan hanya karena Anda kehabisan energi, tapi juga ada penyebab merasa lelah setelah berolahraga lainnya yang penting diketahui. Jadi, jangan paksa diri Anda secara berlebihan.

Ketika Anda bergerak, mengangkat beban atau berlari, sebenarnya dibutuhkan kesiapan fisik dan mental yang mencukupi untuk melakukan pengulangan gerakan yang membuat tubuh kekurangan banyak energi.

Nah, agar tidak salah kaprah dan kapok untuk tetap menjaga kesehatan dengan berolahraga. Sebaiknya ketahui 5 penyebab Anda merasa lelah setelah berolahraga, berikut ini:

Baca: Keseringan Olahraga Dapat Merusak Siklus Menstruasi dan Kesuburan

Intensitas
Jangan terlalu keras dengan diri Anda sendiri. Bila Anda mencoba meningkatkan intensitas latihan otot dan tubuh Anda terlalu cepat, maka tubuh bisa saja ‘kaget’ dan bereaksi sebaliknya yang menyebabkan tubuh menolak. Dalam hal ini, bisa saja muncul kelelahan serta rasa lemas yang luar biasa akibat memaksakan diri. Saran terbaik, tingkatkan intensitas latihan secara bertahap agar tubuh bisa menyesuaikan.

Kekurangan nutrisi
Jika tubuh Anda gagal menyimpan energi untuk berolahraga, tubuh bisa saja ‘pingsan’ atau kesakitan saat Anda sedang berolahraga. Diet yang Anda jalani tetap harus mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, dan lemak untuk menyimpan energi demi terus bergerak. Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat sebelum dan sesudah berolahraga untuk simpanan energi.

Baca: 6 Penyebab Timbul Memar di Tubuh Secara Tiba-Tiba

Stres karena ingin memenuhi target secara instan
Ketika hidup dipenuhi terlalu banyak komitmen dan stres, maka cara terbaik untuk menguranginya ialah dengan berolahraga. Anda bisa mengurangi kegiata bersosialisasi dan menikmati momen membakar kalori. Kesampingkan tujuan instan berolahraga yang hanya membuat tubuh mudah stres. Ingat, berlatih kebugaran bukan hanya untuk langsing, tapi demi kesehatan.

Kekurangan air
Dehidrasi menjadi salah satu alas mengapa seseorang bisa sangat kelelahan ketika berolahraga. Hidrasi yang cukup sangat baik untuk mencegah efek buruk kekurangan cairan tubuh.

Baca: Layak Dicoba: Dapatkan Tubuh Langsing dalam 4 Minggu

Terlalu antusias
Menjadi ambisius adalah baik, tapi memaksakan diri secara berlebihan akan membuat tubuh tidak cepar beradaptasi dan memicu stres. Ingat, tidak ada kesehatan yang instan. Yang ada hanya komitmen dan ketekunan untuk terus berlatih.

Sumber: Boldsky

Penulis : Ridho Nugroho

Fashion Stylist and Feature Writer at HAI Magazine (2009-2012), Fashion Stylist and Beauty Writer at Tabloid Nova (2013-2014), Digital Content Specialist at Tabloid Nova (2015-until now).