Jenis Susu dari Kandungan Lemaknya

Editor: nova.id / nova.id
Rabu, 28 Mei 2014
Foto :

TabloidNova.com - Berbagai jenis susu kini tersedia dengan keunggulan masing-masing. Mungkin Anda sering mendengar aneka varian susu yang berbeda, namun apa sebenarnya yang membedakan masing-masing jenis tersebut?

Pada prinsipnya, jenis-jenis susu dilandasi oleh kandungan lemaknya. Kenali kandungan lemak dalam susu untuk mendapat manfaatnya secara maksimal.

Susu Murni
Sesuai namanya, susu murni alias whole milk adalah susu dengan kandungan paling natural, dalam artian tak ada penambahan atau pengurangan zat lain di dalamnya. Susu murni terbagi menjadi dua jenis, yaitu whole standardised milk yang memiliki kandungan standar susu murni dengan kandungan lemak minimal 3,5 persen dan whole homogenised milk dengan kandungan lemak dan nutrisi yang sama, namun mengalami proses "homogenisasi".

Proses homogenisasi adalah pemecahan gelembung-gelembung lemak dalam susu. Ini membuat lemak menyebar secara rata di seluruh susu sehingga tak ada lapisan krim yang menggumpal di atas permukaan susu.

Susu Skim
Pada susu skim, hampir semua kandungan lemak dihilangkan. Sehingga lemak dalam susu jenis ini hanya sekitar 0 - 0,5 persen. Seiring dengan kadar lemak yang hilang, otomatis kalori dan kadar vitamin larut lemak, terutama vitamin A, turut berkurang. Pilihan ini tentu ideal bagi mereka yang menjalani diet rendah lemak dan kalori.

Namun atas alasan tersebut pula, anak berusia di bawah 5 tahun yang masih membutuhkan energi ekstra untuk pertumbuhan, tidak diperkenankan mengonsumsi susu skim. Susu skim memiliki penampilan yang lebih encer dan rasanya tak terlalu gurih.

Susu dengan Tambahan Rasa
Flavoured milk diproduksi dengan mengurangi kandungan lemaknya hingga tinggal 1 persen. Namun, jika dibandingkan dengan susu konvensional, ia memiliki kandungan gula yang lebih banyak.

Meski demikian, kandungan gulanya tentu tetap di bawah jajanan bergula pada umumnya. Aneka rasa yang diberikan pada susu memang membuat anak-anak maupun orang dewasa lebih tertarik dan senang mengonsumsinya. Menurut survei, rasa susu yang paling populer di dunia adalah rasa cokelat, diikuti dengan rasa stroberi, kemudian pisang.

Annelis Brilian/dari berbagai sumber

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.