Studi: Gadget dan Komputer Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Editor: Ridho Nugroho / nova.id
Jumat, 23 Oktober 2015
Foto : Ronleyba
Studi: Gadget dan Komputer Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Setelah sebelumnya berpendapat kontra soal manfaat gadget untuk pertumbuhan anak, kini American Academy of Pediatrics (AAP) mulai melunak dan menyebut bahwa gadget bermanfaat untuk awal tumbuh kembang anak.

Sikap ini didasarkan pada pertemuan para pendidik, dokter anak, ahli saraf, peenliti media dan ahli sosial yang terjadi pada pertengahan Mei lalu. Selain smartphone dan gadget seperti tablet, perangkat komputer secara umum pun berdampak baik.

Temuan ini disampaikan dalam acara yang disebut “Growing Up Digital: Media Research Symposium”. Dalam acara tersebut para ahli berbagi pandangan mereka tentang beberapa manfaat dan bagaimana anak-anak bisa tertarik dengan perangkat-perangkat canggih itu saat usia mereka masih sangat muda.

Baca: Keseringan Main Gadget Bikin Anak Rentan Sakit Tulang Belakang

Dalam sebuah makalah yang terbit tahun 2013, AAP menganjurkan para orangtua supaya menjauhkan smartphone dari jangkauan anak-anak di bawah dua tahun. Lebih khusus, mereka juga menyarankan agar menjauhkan televisi dan jaringan internet dari kamar si kecil.

Kita tahu, penelitian tersebut telah banyak dikutip dan tersebar secara luas, dan mungkin telah memengaruhi beberapa orangtua untuk menjauhkan si kecil dari smartphone-nya. “Meskipun bukan sebagai penyebab utama masalah kesehatan di Amerika Serikat, tapi media-media itu terbukti dapat berkontribusi besar memberi dampak negatif pada anak,” bunyi peringatakan AAP waktu itu.

Baca: Mengisi Baterai Gadget Malam Hari Bisa Memicu Kegemukan, lho!

Namun hari ini, setelah dihadapkan pada populasi anak-anak dan orang dewasa yang sangat tergantung pada smartphone dan tablet, AAP tampaknya lebih menerima bahwa jika ditangani dengan benar, perangkat-perangkat tersebut akan memberi dampak baik yang begitu besar terhadap pertumbuhan anak.

AAP mengutip penelitian tahun 2014 dan 2015 yang menemukan bahwa “sepertiga anak di bawah usia tiga tahun memiliki televisi di kamar tidur mereka dan 72% dari anak-anak usia 6-17 tahun setidaknya memiliki satu perangkat di kamar tidur.”

Baca: Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memberi Gadget pada Anak

Lalu, bagaimana cara orangtua memanfaatkan gadget untuk membantu perkembangan anak?

“Media digital dapat digunakan untuk memfasilitasi fungsi eksekutif, membangun kontrol diri dan kemampuan memecahkan masalah, dan meningkatkan kemampuan anak-anak untuk mengikuti arah,” tulis AAP dalam rilis resminya. Para peneliti panelis juga menemukan, “Orangtua dan anak-anak bisa saling bekerja sama, saling berparitisipasi, menggali pengalaman pendidikan dari perangkat-perangkat tersebut.”

Baca: Ini Bahaya Bermain Gadget saat Makan, Harus Tahu!

Moh. Habib Asyhad/intisari-online.com
Sumber: Mashable

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.