Melatih Kecerdasan Anak dengan Membaca

Editor: nova.id / nova.id
Jumat, 13 Juni 2014
Foto :

TabloidNova.com - Apa yang Anda harapkan dari anak Anda 10-15 ke depan? Jika Anda ingin mereka menjadi orang yang berprestasi, lakukanlah 4 hal.

"Yaitu (melatih) fokus, memori jangka pendek, pengendalian diri, dan fleksibilitas mental, yang bertujuan agar anak tidak menjadi orang yang kaku," kata Andyda Meliala, founder Resourceful Parenting Indonesia, saat acara bincang-bincang "Kebutuhan Nutrisi dan Manfaat Cod Liver" di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Fungsi eksekutif otak muncul sejak anak berusia setahun sampai usia 25 tahun. Menurut Andyda, otak bersifat fleksibel sehingga bisa dibentuk pada setiap tahap usia anak, tak hanya masa balita.

"Apa yang diberikan, dialami, dan dipikirkan anak, itulah yang tumbuh. Jadi, orangtua perlu memikirkan program apa yang akan diberikan ke anak, lalu sering dilatih. Itulah yang akan tumbuh dalam diri anak," ujarnya.

Andyda memberi contoh seorang anak yang jago main piano karena orangtuanya mengembangkan bakat anak secara berkesinambungan. Ia mengutip Teori Kecerdasan Majemuk dari Howard Gardner, di mana setiap anak memiliki berbagai macam kecerdasan, dari bahasa, musik, matematika, visual atau spasial, interpersonal, intrapersonal, natural atau alam, spiritual, kinestetik atau fisik.

Menurut Andyda, IQ boleh saja tinggi, tapi harus diimbangi dengan luwesnya dalam pergaulan.

"Atau dokter harus berkomunikasi dengan pasien, kalau tidak memiliki interpersonal atau social skill pasti akan mengalami kesulitan. Itulah pentingnya mengajarkan anak berlogika, mengatur emosi dengan baik, dan melihat satu persoalan dari berbagai perspektif," paparnya.

Kalau Anda ingin anak menjadi pembelajar yang baik, usahakan tiap hari membacakan buku buat anak selama 15 menit. "Jika dilakukan tiap hari, berarti Anda sudah memberi satu juta kata per tahun ke anak. Bayangkan, anak yang dibacakan dan tidak dibacakan akan berbeda 5 juta kata. Itulah contoh sederhana untuk mengembangkan kecerdasan anak."

Bagaimana jika kita tidak punya waktu?

"Lakukan hanya 5 menit, tapi jadikan waktu sebentar tersebut fokus dan ada targetnya," tegas Andyda.

Noverita K. Waldan

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.