Ide Desain Rumah di Bawah 100 Meter Persegi Agar Terlihat Luas

Editor: Annelis Brilian / nova.id
Rabu, 17 Februari 2016
Foto : QANVAST
Cantik
Ide desain rumah di bawah 100 m2

Ketika harga tanah semakin mahal, kita pun harus jeli menghitung kebutuhan lahan tempat tinggal. Bila zaman dahulu rumah untuk sebuah keluarga biasanya cukup luas dan dilengkapi pekarangan, kini desain rumah pun harus diakali agar tetap terlihat lapang di tanah yang tak terlalu luas.

Para pengantin baru biasanya memilih hunian dengan luas di bawah 100 meter persegi. Siapa bilang rumah dengan luas tanah yang tak terlalu luas tak bisa ditata dengan apik dan membuat betah?

BACA: Mengapa Harga Rumah Terus Naik?

Agar rumah berlahan sempit terasa lapang dan membuat betah, kuncinya ada pada pemilihan dekorasi dan tata letak ruangan. Apa saja yang harus dilakukan saat mendesain rumah di bawah 100 meter persegi agar terlihat menarik dan unik?

1. Kurangi sekat

Lihat contoh foto-foto di atas, di mana ketika masuk ruangan, kita langsung dihadapkan pada area ruang tengah sekaligus ruang tamu dan ruang makan. Tak ada penyekat, sehingga ruangan terlihat lebih luas.

Bila Anda merasa membutuhkan sekat untuk pemisah ruang publik dan ruang privat, pilihlah "sekat portable". Bila dulu penyekat ruangan lebih sering berupa dinding atau tembok, kini para desainer interior dan desainer produk berinovasi membuat penyekat ruangan yang lebih ringan. Bisa jadi, penyekat ruangan dibuat berongga, mudah dipindah, atau memiliki fungsi lain misalnya lemari. 

Bagaimanapun inovasi yang dibuat, kuncinya adalah menghemat lahan dan memberi kesan ruangan lebih lapang. 

Lihat di sini untuk 9 Ide Penyekat Ruangan Selain Tembok Agar Rumah Terlihat Luas

2. Pilih furnitur compact

Untuk ide desain rumah di bawah 100 meter persegi, pemilihan furnitur yang tak banyak detail alias berbentuk kompak (compact) berfungsi membuat ruangan terlihat luas. Sebut saja, lemari atau meja sudut yang ringan dengan tipe kubistis. Anda juga bisa mengganti gorden yang menjuntai dengan vertical blinds yang lebih minimalis.

Selain ruangan lebih mudah dibersihkan, kesan rapi dan luas pun terasa karena ruangan tak terlihat penuh.

3. Pemilihan warna

Dominasi warna putih pada ruangan dengan luas terbatas memang pilihan tepat. Pasalnya, warna putih sangat efektif membuat ruangan lebih lapang. Perpaduan putih dan hitam, memberi kesan modern dan clean untuk hunian, seperti foto ide desain rumah di bawah 100 meter persegi yang dimuat di atas. Namun, memang sah-sah saja memilih warna lain selain putih dan hitam.

Bila Anda memiliki warna favorit lain, boleh saja dijadikan tema hunian. Tapi sebaiknya, tetap pilih warna muda yang tak terlalu mencolok sebagai warna dominan.

4. Sesuai Kebutuhan

Meski area makan muat untuk meja makan enam kursi, bukan berarti Anda harus membelinya. Terlebih, bila Anda termasuk keluarga kecil yang tak lebih dari 4 orang. Cukup-cukup saja, kok, meja makan empat kursi ditempatkan di area makan. Toh, lahan sisanya bisa dipakai untuk yang lain. Begitu pula untuk ukuran sofa. Bila zaman dulu rata-rata ruang tengah diisi oleh L-shapped sofa yang diperuntukkan 5 orang, sekarang Anda cukup menaruh double-seated sofa dan menggelar karpet di depannya.

5. Dekor Minimalis

Bila Anda senang menghias ruangan, pilihan ornamen dekor geometris yang ramping dan sedang tren bisa menjadi pilihan. Contohnya, coba tengok foto area ruang tidur di atas. Bingkai-bingkai foto atau wall ornament lain pun bisa digunakan karena tak menghabiskan lahan.  

Foto-foto: QANVAST

Penulis : Annelis Brilian

Crafting words for Tabloid Nova since 2012.