Pendidikan Usia Dini Optimal Berkat Perencanaan Matang

Editor: Ridho Nugroho / nova.id
Senin, 14 Maret 2016
Foto : Istockphoto
Manfaat dari pengaturan kehamilan yang tepat, salah satunya adalah mendukung pendidikan anak agar optimal.

Senangnya Fia dan Reno melihat putri ciliknya, Sashi, tumbuh semakin besar dan cerdas. Di usianya yang 3 tahun, Sashi sudah sangat lancar berkomunikasi dan rasa ingin tahunya sangat besar. Fia pun bercita-cita memasukkan Sashi ke preschool atau pendidikan anak usia dini (PAUD) agar Sashi bisa mendapatkan stimulasi yang optimal sesuai dengan perkembangan usianya.

Fia dan Reno sadar sebagai pasangan muda mereka harus banyak mencari informasi berkaitan dengan pilihan tempat belajar Sashi. Memang, sekarang ini sekolah untuk anak usia dini semakin mudah ditemukan. Namun, mendapatkan yang sesuai dengan kemampuan dan harapan orangtua serta mendukung perkembangan anak, tentu tidak mudah. Mulai dari pilihan metode pendidikannya, fasilitas sekolahnya, tenaga pendidik, lokasi, hingga tentu saja besaran dana yang harus dipersiapkan.
Ya, perkara mencari pilihan sekolah usia dini untuk anak tercinta tentu bukan hanya dihadapi oleh Fia dan Reno. Semua pasangan pasti menginginkan tempat belajar yang terbaik untuk anaknya, terutama ketika si anak dalam tahap golden age, yaitu lima tahun pertamanya dimana masa tumbuh kembang otak anak berlangsung paling optimal.

Pada periode ini ada beberapa kemampuan anak yang harus terstimulasi dengan baik, di antaranya kemampuan bahasa, kognitif, motorik halus dan kasar, serta sosial kemandirian. Nah, pendidikan anak usia dini mencakup aspek-aspek tersebut.

Kemampuan bahasa yaitu anak belajar berkomunikasi dengan orang lain dan belajar menyatakan perasaannya melalui bahasa. Kemampuan kognitif adalah bagaimana anak dapat hidup dalam lingkungannya dan bisa memecahkan masalah.

Kemampuan motorik termasuk perkembangan fisik anak, baik motorik halus dan motorik kasar, seperti olahraga hingga keterampilan menyusun balok atau membuat kerajinan tangan. Dan, kemampuan sosial kemandirian mengajarkan anak cara berinteraksi baik dengan orang lain, seperti bagaimana bermain, berbagi dan menghormati orang lain, sehingga pada akhirnya timbul kemandirian yang sangat berguna di kehidupannya kelak.    

Nah, begitu pentingnya periode golden age seorang anak dan bagaimana pendidikan anak usia dini bisa menjadi salah satu tempat yang tepat untuk mengoptimalkan kemampuannnya, setiap orangtua tentu wajib membuat perencanaan dengan matang.

Perencanaan tidak hanya dalam hal memilih sekolah dan jumlah dana pendidikan yang harus disiapkan, namun juga soal pengaturan kehamilan. Dengan mengatur kehamilan, tumbuh kembang anak-anak akan lebih optimal. Sebab, perkara memiliki atau menambah momongan bukan hanya bagaimana memberi mereka cukup makanan dan tempat berlindung. Tumbuh kembang anak seutuhnya menjadi tanggung jawab orangtua.

Berikut ini beberapa manfaat dari pengaturan kehamilan yang tepat:
1.    Secara fisik dan mental pasangan akan lebih siap.
Keberadaan anak tentu membawa perubahan besar pada keluarga. Maka sebelum memiliki atau menambah momongan, pastikan pasangan siap secara fisik dan mental. Kesiapan ini tentu berpengaruh pada penerimaan terhadap anak serta pola asuh kelak.

2.    Mendapat waktu dan jarak kehamilan yang tepat.
Setiap pasangan tentu memiliki pertimbangan masing-masing terkait waktu dan jarak kehamilan. Namun, perlu diketahui bahwa waktu dan jarak kehamilan yang yang tidak tepat memiliki banyak risiko. Misalnya, jarak kehamilan terlalu dekat berisiko pada kesehatan ibu dan bayi, menyebabkan 40% kelahiran bayi prematur, preeklamsia, keguguran hingga kematian. Sementara, jarak kehamilan yang terlalu jauh memiliki risiko kehamilan dua kali lipat dari masa kehamilan sebelumnya.  

3.    Sesuai dengan kemampuan finansial pasangan.
Butuh biaya tak sedikit untuk membesarkan anak, bukan? Nah, sesuaikanlah dengan kemampuan finansial Anda dan pasangan. Jangan sampai saat si Kakak butuh biaya untuk masuk ke sekolah, ibu justru butuh biaya besar untuk bersalin adik. Dengan perencanaan matang, tentu Anda akan terhindar dari hal-hal seperti itu.  

4.    Meminimalkan kecemburuan si Sulung.
Si Sulung tentu harus dipersiapkan bahwa ia akan memiliki adik. Jelaskan dengan bahasa yang sederhana sesuai usianya. Beritahu juga bahwa, kehadiran adik bayi bisa jadi menyita waktu orangtua, terutama ibunya. Pengaturan kehamilan yang baik akan membuat anak tercukupi dengan kasih sayang dan perhatian orangtuanya, sebelum pada akhirnya ia memiliki adik.

Lantas, bagaimana cara aman dan nyaman mengatur kehamilan? Yang efektif dan mudah dilakukan adalah dengan menggunakan metode kontrasepsi. Dengan perencanaan kehamilan yang matang, tumbuh kembang anak berlangsung lebih optimal.

Ratih Sukma Pertiwi

Manfaat dari pengaturan kehamilan yang tepat, salah satunya adalah mendukung pendidikan anak agar optimal.
Manfaat dari pengaturan kehamilan yang tepat, salah satunya adalah mendukung pendidikan anak agar optimal.

Atur Kehamilan dalam Beragam Pilihan Kontrasepsi Andalan

Andalan menyediakan beragam pilihan jenis kontrasepsi yang aman dan nyaman bagi wanita yang ingin merencanakan kehamilan. Memiliki beragam varian kontrasepsi, yaitu Pil, Suntikan, IUD, Implan dan Kondom.

Pil KB Andalan dikonsumsi secara teratur satu pil setiap hari pada jam yang sama. Mengandung hormon yang sama seperti hormon yang terdapat di dalam tubuh perempuan. Bekerja dengan cara mencegah pelepasan sel telur. Tersedia Pil KB Andalan FE yang berfungsi ganda, mencegah kehamilan dan memenuhi kebutuhan zat besi. Dengan 75mg Ferrous Fumerate membantu gejala anemia yang dapat muncul saat menstruasi.

Yang terbaru adalah Andalan Postpil, sebagai Pil Kontrasepsi Darurat yang bekerja dengan cara mencegah pelepasan sel telur, sehingga tidak terjadi pembuahan (ovulasi) oleh sperma. Andalan Postpil juga mengentalkan lendir rahim, sehingga mempersulit sperma masuk ke dalam rahim. Dengan tingkat efektivitas yang tinggi jika digunakan sesuai aturan, postpil dapat mencegah kehamilan. Semakin cepat diminum semakin tinggi tingkat keefektivitasannya.

Andalan juga memiliki IUD sebagai kontrasepsi non hormonal jangka panjang yang aman, nyaman dan berkualitas. Efektif mencegah kehamilan dengan pilihan perlindungan selama 3, 5 atau 10 tahun yang hanya dapat dipasang sesuai dengan prosedur oleh bidan atau dokter terlatih. Terbuat dari komposisi batang plastik berbentuk T berukuran kurang lebih 3 cm dengan balutan tembaga. IUD dapat dilepas kapan saja, tidak mengganggu kesuburan sehingga dapat segera hamil dan tidak memengaruhi produksi dan kualitas ASI.

Pilihan IUD Silverline dari Andalan hadir sebagai solusi bagi wanita yang ingin merencanakan jarak kehamilan. IUD Silverline tersedia dalam dua pilihan yang memberikan perlindungan jangka panjang, yaitu Cu 380 Ag dengan masa perlindungan hingga 5 tahun dan Cu 200 Ag dengan perlindungan selama 3 tahun. Desain lengannya yang unik membuat penggunanya nyaman saat pemasangan, penggunaan, dan juga saat pelepasan. Benangnya terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan lembut, sehingga tidak mengganggu hubungan intim dengan pasangan.

Andalan Alat Kontrasepsi, pilihan berkualitas yang terjamin aman dan nyaman untuk merencanakan kehamilan!

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.