Sudahkah Anda Mencipta Kondisi Rumah yang Bahagia untuk Anak?

Editor: Annelis Brilian / nova.id
Selasa, 19 Januari 2016
Foto : Wbaltv
Agar anak bahagia di rumah

5. Berikan Tanggungjawab

Ketika kita merasa apa yang kita lakukan adalah penting dan bermanfaat bagi orang lain, maka rasa bahagia itu muncul. Tanpa memiliki perasaan “penting dan bermanfaat”, maka diam-diam kita akan khawatir dikeluarkan dari kelompok karena tidak dianggap. Hasil riset menunjukkan bahwa ketakutan terbesar manusia adalah dikeluarkan dari kelompoknya.

Memberikan tanggungjawab pada anak yang bermanfaat bagi keluarga dan rumah sejak dini, akan membangun rasa bermanfaat dan berujung pada kebahagiaannya. Berilah tanggungjawab unik pada anak seperti membereskan tempat tidur, membawa piring kotornya ke dapur, membantu menyiapkan gelas minum saat makan malam, atau memastikan serbet sudah ada di tempat semula. Ajak anak mengatur sendok dan garpu, misalnya.

Tanggungjawab ini akan membuat anak lebih percaya diri, merasa dibutuhkan dan akhirnya bahagia.

BACA: 7 Cara Mencipta Anak yang Bahagia

6. Diajak Bersyukur Selalu

Bukan pengetahuan baru, banyak riset mengatakan hal serupa, bahwa kebiasaan bersyukur berkontribusi positif pada kebahagiaan seseorang. Kebiasaan ini perlu dibangun sejak dini karena bersyukur adalah cara pikir dan sikap hidup yang tidak turun dari langit. Perlu diperkenalkan dan dijalankan dengan hati yang bersyukur dengan serius.

Bersyukur bukan sekadar berterimakasih pada yang Maha Kuasa atas makanan dan tempat berlindung. Salah satu contoh bersyukur adalah  merawat benda-benda yang menjadi milik kita, menjaganya agar awet. Ajak anak untuk mengenali apapun di sekitarnya yang patut disyukuri dan layak dirawat.

Setiap hari, ajak bicara anak untuk membuat daftar apa saja hal yang patut disyukuri. Lambat laun, ia akan terbiasa bersyukur dan bahagia atas hidupnya.

BACA: Cara Mengetahui Anak Bahagia di Sekolah Atau Tidak

Anak bisa jadi memang bahagia jika “bisa suka-suka aku”. Kita sebagai orangtua yang memperkenalkan “suka-suka kita bersama”.

Selamat menikmati rumah. Selamat menikmati rasa bahagia bersama buah hati.

Oleh: Candra Widanarko

Halaman 2 dari 2

1 2

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.