Mengesankan, 5 Pola Asuh yang Bisa Ditiru dari Barack dan Michelle Obama

Editor: Annelis Brilian / nova.id
Selasa, 5 April 2016
Foto : Today.com
Keluarga Obama

Kedekatan Barack Obama dengan keluarga, tak bisa dibantahkan lagi. Bahkan saat anaknya menjelang remaja, Obama mengakui bahwa ia akan merasa sangat kehilangan.

“Ketika saya pertama kali dipilih jadi Presiden, Malia baru berumur 10 tahun dan Sasha 7 tahun. Mereka tumbuh besar dengan sangat cepat. Sebentar lagi, Malia akan kuliah dan saya akan mulai merasakan kesedihan akan kehilangannya,” ungkap Obama.

BACA: Michelle Obama Antar Dua Putrinya Nonton Konser Beyonce dan Jay Z

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau pun ikut memuji Malia dan Sasha yang tumbuh dalam lingkungan yang tak seperti kebanyakan anak-anak lain.

“Saya sangat kagum dengan kalian berdua. Kalian memiliki kekuatan dan keanggunan yang luar biasa setelah menjalani masa kecil dan remaja yang tidak biasa. Semoga itu bisa memberikan kalian kekuatan dan kebijaksanaan dan dan bisa berguna untuk kehidupan kalian selanjutnya,” ujar Trudeau.

1. Disiplin dan tanggung jawab sejak dini

Seperti orangtua lainnya, Obama dan Michelle pun menerapkan dispilin dan tanggung jawab kepada Malia dan Sasha. Mereka ingin memastikan, meski pindah ke Gedung Putih, anak-anak tetap tumbuh dalam lingkungan yang normal.

“Mereka harus menjalankan tugas-tugas mereka. Itulah yang saya terangkan pada beberapa staf. Jangan rapikan tempat tidur mereka. Rapikan kamar punya saya saja. Mereka harus belajar pekerjaan rumah tangga seperti itu,” kata Michelle kala itu.

Sederet peraturan dan tugas yang harus Malia dan Sasha jalankan antara lain merapikan tempat tidur dan membersihkan kamar mereka sendiri, menyiapkan segala keperluan sekolah, membawa dan mencuci piring bekas makan mereka, mengajak jalan-jalan anjing dan membersihkan kotorannya, hingga jam menonton televisi yang dibatasi.

2. Momen makan malam

Dan, tampaknya Presiden Obama juga memastikan jika kehidupan keluarganya tidak berubah, meski ia menjadi orang nomor satu di AS. Obama selalu memastikan dirinya meninggalkan kantor Oval untuk makan malam bersama anak-anaknya.

BACA: Ketika Presiden Barack Obama Belanja untuk Anak dan Istrinya

3. Meluangkan waktu damping momen istimewa anak

Presiden Obama juga mencoba untuk tidak melewati pertemuan orangtua dan guru di sekolah Malia dan Sasha dan juga resital piano anak-anaknya.

4. Menemani menjelang tidur

Obama juga sangat bangga telah membacakan kepada Malia seluruh tujuh buku seri Harry Pottter.

“Michelle memastikan bedtime adalah bagian dari kenormalan keluarga mereka. Jadi, tradisi itu tidak bisa diganggu gugat atau dibatalkan hanya karena sang presiden berada di acara pengumpulan dana,” terang Valerie Jarrett, penasihat senior presiden sekaligus teman dekat keluarga saat diwawancara oleh koran The New York Times pada tahun 2007.

5. Masa kecil tanpa sorotan publik

Jauh sebelum acara makan malam kenegaraan yang mereka hadiri pertama kali, Malia dan Sasha memang sangat dibatasi untuk disorot publik. Hal ini merupakan upaya Obama dan Michelle agar kedua putri mereka tumbuh seperti anak-anak lain pada umumnya. Apalagi ketika Malia dan Sasha mulai tinggal di Gedung putih, usia mereka masih sangat kecil.

Dan ketika merasa putrinya sudah cukup besar, Obama mulai melibatkan mereka dalam acara kenegaraan, seperti makan malam resmi atau kunjungan ke negara lain.

Syanne

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.