Membaca Itu Menyenangkan, Nak!

Editor: nova.id / nova.id
Rabu, 12 Februari 2014
Foto :

membaca

""

Mengadakan Pesta Tukar Buku

Undang teman sekelas anak dan meminta mereka untuk membawa sekitar 3-5 buku yang sudah mereka baca untuk ditukarkan dengan teman-teman lainnya. Ini bisa juga menjadi cara untuk menambah koleksi bacaan anak tanpa menghabiskan uang.

Mendengar Buku Audio

Pilihlah salah satu buku yang ingin anak baca. Lalu minta ia membacanya sambil Anda merekamnya. Ajarkan anak menambahkan efek suara ke dalam rekaman. Sebagai alat musik, Anda bisa menggunakan alat bantu sederhana lainnya seperti panci, baskom, galon, dan lain sebagainya.

Ajak Anak Beli Buku

Pancing minat anak membaca buku dengan reward atau hadiah. Misalnya, jika ia mengerjakan pekerjaan rumahnya dengan baik, Anda akan memberinya uang Rp 10.000. Total uang bisa digunakannya di akhir bulan dengan catatan hanya diperuntukan membeli buku.

Nah, saat weekend ajaklah anak ke toko buku dan biarkan ia memilih buku yang disukainya sesuai dengan budget yang dimilikinya.

"Menonton" Buku

Sudah banyak film anak yang diadaptasi dari cerita atau novel terkenal. Sepertinya ini bisa menjadi ide yang bagus untuk menarik minat baca anak. Yakni, dengan mengajak anak membandingkan jalan cerita film pada buku dengan judul yang sama. Misalnya saja, Charlie and the Chocolate Factory, Stuart Little, Harry Potter.

Membuat Bookmark

Supaya kegiatan membaca jadi lebih menyenangkan, ajak anak membuat bookmark atau pembatas buku sendiri. Anda bisa menggunakan karton, kertas atau plastik mika, daun, dan lainnya yang diwarnai dan dihias dengan spidol dan aksesoris lainnya.

Menu Membaca

Ajak anak membuat "menu" bacaan (misalnya) di setiap akhir pekan. Dengan begitu, anak bisa membuat target sendiri tentang berapa lama ia bisa menyelesaikan membaca satu buku, sekaligus mendata buku apa saja yang sudah dibacanya.

Buat juga tema bacaan tiap bulan. Misalnya, bulan ini bertema fiksi dan bulan depan sejarah.

Menulis Buku

Mengajak anak menuliskan apa yang ada dipikirkannya juga bisa menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan minat bacanya. Siapa tahu anak Anda bisa menjadi penulis. Siapkan buku kosong dari kertas warna-warni polos agar anak lebih tertarik.

Tandai Hal Favorit

Saat anak sedang membaca sebuah buku, ingatkan ia untuk menuliskan hal-hal menarik atau favoritnya di buku tersebut. Ini bisa memancingnya untuk terus membaca.

Sambil Piknik

Membaca di rumah atau perpustakaan mungkin membosankan. Yuk, ajak anak sesekali membaca di taman sambil membawa beberapa camilan favorit.

Ester

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.