Cara Optimalkan Kepintaran Si Kecil Agar Pintarnya Bersinar

Editor: Ade Ryani HMK / nova.id
Senin, 5 Desember 2016
Foto : dok.Wyeth
Cara Optimalkan Kepintaran Si Kecil Agar Kian Bersinar

Dikaruniai buah hati dan memasuki fase kehidupan baru sebagai orangtua memberi pengalaman yang mendebarkan sekaligus menyenangkan. Di era sekarang, orangtua yang lahir sebagai generasi milenial atau Z tentu merasakan tantangan berbeda dibanding masa kecilnya dulu.

Buah hati mereka mungkin terhitung sebagai generasi Alpha yang lahir di tahun 2011-2025. Tantangannya bukan hanya dari lingkungan pergaulan, tapi juga penetrasi teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, meski zaman pasti berubah, setiap orangtua tentu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Jika ditanya apa hal terpenting dalam tumbuh kembang buah hati, mayoritas menjawab gizi yang baik. 

Tapi, sebenarnya ada hal lain yang tak kalah penting untuk Mam perhatikan yaitu membangun fondasi untuk menghasilkan anak yang utuh dengan cara mengasah 8 kepintaran anak secara konsisten.

Beda anak beda kepintaran. Apa saja kepintaran yang wajib dikenali? Di antaranya word smart, number smart, self smart, people smart, music smart, picture smart, body smart, dan nature smart.

3 Langkah Sederhana Melatih Keterampilan Anak Sejak Kecil
Ada 8 kepintaran anak: word smart, number smart, self smart, people smart, music smart, picture smart, body smart,dan nature smart.

Dalam mendukung tumbuh kembang dan kecerdasan Si Kecil, para orangtua baik yang bekerja maupun yang tidak pun kini semakin kritis dan haus informasi soal dunia anak.

Dari beragam sumber yang ada, Mam pun perlu selektif pada informasi yang tersaji di internet. Begitu pula ketika bertukar pengalaman dengan orangtua yang lain.

Guna mendapatkan keduanya secara praktis, hemat waktu dan akurat, Mam bisa memanfaatkan Parenting Club powered by Wyeth Nutrition. 

Parenting Club adalah service platform yang membantu orangtua dalam mendampingi tumbuh kembang si Kecil sekaligus menjadi sumber informasi terkait kepintaran Si Kecil serta cara menstimulasinya secara tepat.

Didalamnya Mam bisa mendapat informasi terbaru dan terpopuler seputar nutrisi, pola asuh hingga tips kesehatan baik selama fase mengandung, bayi, balita 1-2 tahun, balita 3-4 tahun, dan anak 5-6 tahun.

Namun, terkadang dalam keseharian, pasti timbul pertanyaan orangtua soal perkembangan Si Kecil maupun kesehatan Mam sendiri.

Nah, di Parenting Club juga tersedia fitur Smart Consultation yang sangat berguna. Sebab tanpa perlu ke luar rumah, Mam bisa berkonsultasi seputar kehamilan, tumbuh kembang, pola asuh serta kesehatan buah hati pada tim ahli yang terpercaya. Antara lain ahli parenting, ahli nutrisi, dokter spesialis kandungan, dan dokter spesialis anak.

Ingin mengetahui kepintaran apa yang dimiliki Si Kecil dan cara menstimulasinya? Mam pun bisa mencoba fitur Smart Strength Finder, yang dirancang oleh Dr. Thomas Armstrong (Pakar Multiple Intelligence, Kepala American Institute for Learning and Human Development).

Fitur ini merupakan alat bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil berdasarkan observasi saat ini. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lalu bagaimana dengan sekolahnya? Mengingat ketika anak bertambah besar, seringkali orangtua bingung mencari fasilitas pendidikan yang sesuai.

Tak usah khawatir, Mam bisa memanfaatkan Smart School yang ada di Parenting Club. Fitur ini dapat membantu orangtua menemukan lokasi dan informasi mengenai sekolah/fasilitas pendidikan yang tepat agar kepintaran Si Kecil kian bersinar.

Ada 3 gaya belajar yang lazim ditemui yaitu visual, auditory, kinestetik. Mana yang disukai anak Anda?
Di Parenting Club ID, Mam bisa menemukan 3 gaya belajar yang lazim ditemui pada anak yaitu visual, auditory, atau kinestetik

Segala proses ketika menjadi orangtua dan mendidik buah hati memang tak dipelajari dari pendidikan formal. Namun, para orangtua yang peduli biasanya senang berbagi informasi bermanfaat seputar tumbuh kembang anak.

Inspirasi ini lah yang Mam bisa dapatkan lewat Smart Stories, sebuah kanal informatif untuk mendapatkan pengetahuan baru baik dari sesama orangtua maupun para ahli dalam mendukung setiap tahapan tumbuh kembang si Kecil dan mengoptimalkan kepintarannya.

Namun, dibalik semua itu, tentu saja untuk membangun kepintaran Si Kecil tak sesingkat membalik telapak tangan. Dibutuhkan kerjasama yang baik antara orangtua dan anak.

The journey of a thousand miles begins with one step. Ya, orangtua dan kemampuan otak anak pun perlu waktu untuk menumbuhkan kebiasaan positif dan kepintaran tadi lewat pengulangan yang konsisten. Semua bergantung pada kondisi emosi, pengetahuan, dan pengalaman seseorang.

Dan salah satu cara yang bisa membantu Mam adalah mengikuti 21 Days Smart Stimulations. Modul yang dirancang dr. Andyda Meliala dan dapat diunduh di Parenting Club ini berisi kumpulan aktivitas selama 21 hari yang membantu orangtua memberikan stimulasi yang tepat sesuai usia dan kepintaran anak.

Nantinya Mam akan dipandu untuk mengembangkan kepintaran Si Kecil melalui aktivitas harian tersebut. Tentu saja perjalanan 21 Days ini dilakukan secara menyenangkan di mana Mam & Pap di seluruh Indonesia bisa saling menyemangati satu sama lain.

Agar tak ketinggalan informasi penting lainnya, ikuti pula akun Instagram: ingclubid, Facebook: Parenting Club ID, Twitter: @ParentingClubID di mana Mam dapat mengikuti informasi terkini seputar tumbuh kembang, parenting, nutrisi serta event dan kompetisi dari Parenting Club.

Mau tahu cara optimalkan kepintaran anak? Yuk ikut parenting club persembahan NOVA dan Wyeth Parenting Club
Mau tahu cara optimalkan kepintaran anak? Yuk ikuti Wyeth Parenting Club pada 10 Desember 2016 di Hotel Gran Melia Jakarta

Ingin mengetahui lebih jauh cara mengoptimalkan kepintaran Si Kecil? Yuk, datang juga ke acara  Wyeth Parenting Club bersama Tabloid Nova dengan tema “Stimulasi Personal adalah Kunci Untuk Mengoptimalkan Kepintaran si Kecil” di Hotel Gran Melia Jakarta pada Sabtu, 10 Desember 2016.

Dalam acara ini, Mam bisa berkonsultasi langsung dengan ahli parenting, dr. Andydya Meliala dan Ika Nursantini Noor selaku Senior Marketing Services Manager PT Wyeth Nutrition S-26 serta mengikuti aktivitas menarik untuk keluarga yang juga dihadiri oleh bintang tamu Ayu Dewi. 

Asyik,kan? Jadi jangan sampai ketinggalan ya!

(ADV)

Penulis : Ade Ryani HMK

Soulful Writer at Tabloid NOVA since 2010.