Cara Bertanya Agar Anak Memberi Jawaban Akurat tentang Suatu Peristiwa (2)

Editor: nova.id / nova.id
Rabu, 25 Maret 2015
Foto :

Tabloidnova.com - Sebagai orangtua, ketika si kecil menampakkan perubahan sikap atau perilaku yang tak biasa, tentu hal pertama yang akan dilakukan adalah bertanya, mengapa itu terjadi.

Untuk mengetahui suatu peristiwa yang terjadi pada anak, orangtua atau ahli seperti psikolog atau petugas (ketika anak diduga menjadi korban kasus kekerasan, misalnya), dapat menggunakan cara bertanya agar anak memberi jawaban akurat, seperti dipaparkan oleh psikolog perkembangan Kamala London Newton, PhD, dari the University of Toledo, Ohio, AS.

Baca: Cara Bertanya Agar Anak Memberi Jawaban Akurat tentang Suatu Peristiwa (1)

3. Bertanya dalam lingkungan yang mendukung dan nyaman, kata Kamala, membuat anak menjadi lebih siap saat berkomunikasi dengan si penanya. "Ketika anak berada dalam suasana yang nyaman dan tidak merasa terancam, kemungkinan ia akan lebih terbuka dalam menjawab saat ditanya."

Teknik demikian, lanjut Kamala, disebut sebagai teknik suportif pada ingatan anak atas peristiwa yang menekannya. Ada beberapa keuntungan dari menggunakan teknik suportif ini. Katakanlah jika si penanya menunjukkan sikap hangat dan bersahabat, seperti sering tersenyum dan memberikan pujian yang cukup meskipun tak tergantung pada pola jawaban.

Misalnya, dengan mengatakan "Kamu melakukannya dengan sangat baik," atau "Kamu memiliki ingatan yang bagus."

"Anak yang ditanya dalam kondisi yang mendukung, membuatnya lebih sedikit memberikan jawaban yang tidak akurat. Bahkan anak dapat memberitahukan jawaban dengan kata-katanya sendiri. Sebagai tambahan, teknik suportif ini mengurangi jawaban tidak akurat dari anak terhadap pertanyaan yang menyesatkan."

Oleh sebab itu, Kamala menyarankan, memberikan anak-anak lingkungan yang hangat dapat meningkatkan daya tahan anak terhadap sugesti, sehingga dapat mengurangi perasaan mereka atas intimidasi. "Hal ini memungkinkan anak untuk melawan sugesti palsu dari si penanya," pungkas Kamala.

Intan Y. Septiani

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.