Ada 4 Tipe Orangtua Dilihat dari Cara Mendidik Anak, Anda Termasuk yang Mana?

Editor: Annelis Brilian / nova.id
Kamis, 30 Juni 2016
Foto : Dok.EF English First
4 tipe orangtua

Setiap orangtua memiliki pola asuh berbeda yang ia terapkan pada buah hati. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh pola asuh terdahulu yang dikenakan padanya, serta dipengaruhi oleh budaya dan lingkungan sekitar.

Pasalnya, pola asuh yang dijalani sehari-hari ini juga umumnya hasil adaptasi dari harapan orangtua dan karakter yang dimiliki anak. Maka tak heran bila ada dua ibu yang sama-sama ambisius, tapi pola asuh yang mereka pilih berbeda. Toh, sifat anak yang berbeda pun akan mengubah pola asuh yang diterapkan.

Anda pasti setuju, kan, bahwa orangtua perlu terlibat aktif dalam proses pendidikan dan perkembangan anak? Dengan demikian, kita akan lebih memahami apa yang disukai dan dibutuhkan anak, sebagai bekal untuk menyongsong masa depannya.

Untuk mendukung setiap orangtua memahami pola pengasuhan yang dibutuhkan, EF English First mengadakan riset mengenai tipe orangtua berdasarkan pandangan mereka terhadap pendidikan anak.

Hasilnya, ternyata ada empat tipe orangtua, dilihat dari cara orangtua membimbing anak-anaknya. Apa saja dan mana yang sangat mirip dengan Anda?

1. Ambitious Commander

Orangtua tipe ini cenderung proaktif dan semaksimal mungkin mengupayakan kemampuan anak agar mendapatkan hasil terbaik di bidang pendidikan. Sayangnya, tipe ini cenderung memaksakan kehendak.

Tipe orangtua ini mendominasi keputusan anak terhadap pendidikan mereka, misalnya dalam memilih sekolah atau tempat kursus.

2. Silent Achiever

Tipe yang kedua adalah orangtua proaktif dan ambisius, namun tetap memberikan kesempatan bagi anaknya untuk berpendapat.

Dibandingkan dengan tipe Ambitious Commander, tipe ini memilih untuk mendorong anak secara diam-diam dan tidak terkesan memaksakan kehendaknya. Mereka lebih memilih mengawasi anaknya dari jauh tanpa melibatkan diri terlalu dalam.

orangtua

3. Short-Term Worrier

Bila Anda merasa sering bertindak reaktif, yakni baru bertindak jika melihat ada sesuatu yang salah dengan anaknya, artinya Anda termasuk tipe orangtua short-term worrier.

Contohnya, ketika anak mendapatkan nilai jelek dalam mata pelajaran bahasa Inggris, barulah Anda mencarikan tempat les bahasa Inggris untuk anaknya. Selain itu, tipe ini lebih banyak khawatir terhadap tantangan masa depan untuk anaknya.

4. Happy-Go-Lucky

Tipe terakhir merupakan tipe orangtua yang santai. Mereka melengkapi kebutuhan anak sesuai dengan kemampuan dan minat anak mereka. Selain itu, mereka juga tidak khawatir terhadap tantangan yang dihadapi anak di masa karena ia percaya terhadap kemampuan anaknya.

Setelah membaca empat karakter orangtua dilihat dari caranya membimbing buah hati, mana yang terlihat sesuai dengan Anda?

Jangan khawatir, tidak ada tipe pola asuh yang salah, kok. Lantas, mengapa penting untuk mengetahui tipe pola asuh? Dengan mengetahui tipe pola asuh Anda, maka akan lebih mudah untuk mengambil langkah pendidikan anak ke depannya.

Masih dari hasil riset EF English First, semua orangtua mengaku setuju bahwa kualitas merupakan pertimbangan utama dalam menentukan sekolah atau tempat kursus.

EF English First

Kualitas yang baik mencakup pengajar yang profesional serta program pembelajaran efektif dan menyenangkan. Seperti EF English First yang memiliki EFEKTA System dan guru-guru profesional.

Pola belajar di EF English First menggabungkan pembelajaran akademis di dalam kelas dengan pembelajaran di luar kelas yang menyenangkan. Para orangtua pun akan lebih mudah terlibat dalam setiap tahap perkembangan anak karena dapat langsung dipantau melalui aplikasi EF Parents.

Sudah siap, dong, membimbing anak meraih masa depannya? 

ADV

Penulis : Annelis Brilian

Crafting words for Tabloid Nova since 2012.