Coba Perangkat Lunak Ini Agar Sukses Sebagai Womenpreneur!

Editor: nova.id / nova.id
Senin, 16 Maret 2015
Foto :

Tabloidnova.com - Pada tahun 2015 ini, peringatan Hari Perempuan Internasional (International Women Day) yang jatuh pada tanggal 8 Maret lalu, mengangkat tema "Make It Happen".

Tema ini memfokuskan pada dorongan bagi para perempuan di dunia dengan menggalang tindakan efektif agar pencapaian-pencapaian profesional dan personal mereka semakin tergali serta terdengar.

Kesetaraan gender idealnya dimanifestasikan dalam berbagai hal di antaranya empat faktor yakni akses, partisipasi, kontrol, dan benefit. Jika salah satu dari keempat faktor itu tak terpenuhi, artinya ada indikasi ketidaksetaraan di lingkungan pekerjaan atau sektor kepegawaian.

Berdasarkan sejumlah peneltian, para pria memiliki akses lebih besar untuk bekerja karena banyak yang masih berpendapat, pekerjaan bagi perempuan hanyalah sektor sekunder dibandingkan peran utama mereka secara domestik atau di dalam rumah tangga.

Data dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapennas) tahun 2013 mengungkap, hanya sebanyak 209.512 perempuan yang memegang posisi tinggi dalam pekerjaan di berbagai sektor, atau hanya 18 persen dari 1,1 juta total pekerja perempuan yang bekerja di level manajerial.

Akan tetapi, teknologi memainkan peranan yang sangat besar dalam mengatur bisnis untuk kaum perempuan yang menekuninya. Nah, di bawah ini, terkumpul empat situs dan aplikasi bagi perempuan Indonesia agar sukses sebagai womenpreneur

1.  Wobe: http://wobe.io/
Wobe bertujuan mendorong perempuan meningkatkan partisipasi mereka dalam aktivitas ekonomi dan bisnis di Indonesia. Wobe berisi sejumlah aplikasi mobile financial dan bisnis yang ditujukan bagi kaum perempuan di Asia Tenggara yang tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Inggris.

Dengan aplikasi Wobe, perempuan Indonesia dapat segera belajar mengenai keuangan dan bisnis melalui kursus online gratis untuk meningkatkan pendapatan mereka. Melalui Wobe pula, perempuan Indonesia dapat menghasilkan uang tambahan dengan hanya berbekal smartphone dan mobile internet.

2.  Usaha Wanita
Usaha Wanita diciptakan bagi para entrepreneur perempuan (womenpreneur) di Indonesia, yang merupakan aplikasi mobile web yang disediakan melalui aplikasi web Nokia Life+ dan menawarkan sejumlah informasi mengenai berbagai topik seperti business management, banking dan credit access, customer management dan marketing untuk bisnis (usaha) kecil. Layanan ini ditujukan bagi para perempuan yang menjalankan bisnis skala kecil atau menengah, bagi yang baru saja memulai perusahaan mikro, serta kaum perempuan muda yang ingin memiliki bisnis sendiri, agar sukses sebagai womenpreneur.

Topik lain yang tersedia di antaranya interpersonal communications dan life skills, untuk memastikan bahwa sejumlah layanan ini tepat sasaran dengan berbagai isu yang dihadapi para perempuan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Informasi yang diberikan telah disusun Foundation for Social Change dan ditawarkan secara gratis selama satu tahun kepada para konsumen perempuan. Usaha Wanita dapat diakses via aplikasi web Nokia Life+, yang didukung berbagai mobile phone tipe Nokia Series 40 dan seluruh Nokia Asha smartphones.

3.  TheSME Toolkit Indonesia: http://indonesia.smetoolkit.org/indonesia/en 
The SME Toolkit merupakan program dari International Finance Corporation (IFC), anggota World Bank Group, yang tersedia dalam berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia, melalui local partner mereka di berbagai belahan dunia. Misi IFC (http://www.ifc.org/) adalah untuk mempromosikan investasi sektor pribadi yang berkelanjutan di sejumlah negara berkembang, sebagai cara untuk mengurangi kemiskinan dan memperbaiki kehidupan.

SME Toolkit Indonesia menawarkan berbagai informasi berguna, tips praktis, dan instrumen online yang dapat digunakan untuk mendorong agar sukses sebagai womenpreneur baik dalam bisnis skala kecil atau menengah.

4.  Freelancer.co.id
Tren kebangkitan freelancing membuka berbagai kesempatan baru saat ini bagi jutaan perempuan yang membutuhkan penghasilan tambahan atau cara bekerja yang lebih fleksibel sesuai gaya hidup mereka yang berbeda-beda. Freelancer.com, merupakan marketplace freelancing dan crowdsourcing terbesar di dunia, dilihat dari jumlah pengguna dan proyek yang diunggah, sehingga para perempuan Indonesia lebih mudah dalam memulai bisnis atau kerja secara online.

Kini, lebih banyak orang mengadopsi sejumlah kesempatan baru seperti ini. Dan menurut Freelancer.com, registrasi para pengguna perempuan di tahun lalu yang menggunakan platform ini meningkat sebanyak 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Freelancer.co.id adalah website regional Indonesia dari Freelancer.com dengan setengah juta pengguna Indonesia. Dengan gaya hidup bervariasi dari para perempuan Indonesia, freelancing menjadi opsi nyata yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka saat ini.

Bagi para womenpreneur, Freelancer.co.id dapat membantu kaum perempuan Indonesia dalam mencari para freelancer berkualitas tinggi yang mampu diandalkan dan dapat membantu membangun bisnis mereka.

Nah, semoga keempat perangkat lunak tersebut bisa mendorong Anda agar sukses sebagai womenpreneur!

Intan Y. Septiani

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.