Warisan Boga Nusantara di Bogasari Expo 2016

Editor: Ade Ryani HMK / nova.id
Selasa, 13 Desember 2016
Foto :
Warisan Boga Nusantara di Bogasari Expo 2016

Melanjutkan kesuksesan Bogasari Expo 2015, PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari akan menggelar Bogasari Expo (Bogex) 2016 selama 3 hari , 16-18 Desember 2016, di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta.

“Bogasari Expo adalah perhelatan beragam kuliner berbasis terigu yang sudah digelar Bogasari sejak tahun 1999. Bogex menjadi ajang interaktif para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) makanan berbasis terigu dengan masyarakat/konsumen,” ucap Senior Vice President Commercial Bogasari, Hans Ryan Aditio, pada Soft Launching Bogex 2016.  

Bogex 2016 akan mengusung tema Warisan Boga Nusantara. Hans Ryan menjabarkan, maksud tema ini adalah produk makanan berbasis terigu yang dari berbagai daerah yang sudah dikenal secara turun-temurun baik dari sisi produk maupun pelaku usahanya.

Tidak sedikit makanan berbasis terigu yang menjadi makanan dan oleh-oleh khas suatu daerah di Indonesia. Di antaranya, Mie Aceh (Aceh), Surabi (Bandung), Martabak Kubang (Padang), Kue Balok (Bandung) dan masih banyak lagi.

“Yang ingin disampaikan kepada masyarakat, khususnya pengunjung Bogex 2016 ini juga adalah potensi usaha yang bisa digali dari keanekaragaman warisan boga nusantara berbasis terigu. Dan ada 60 UKM mitra binaan Bogasari yang akan buka stan di acara Bogex nanti,” imbuh Hans Ryan.

Yang menarik, Bogasari juga menyiapkan Boga Class sebagai wadah berdiskusi, menggali, dan berbagi informasi seputar potensi kuliner khususnya yang berbasis terigu.

Pengunjung bisa mengikuti pelatihan praktik langsung pembuatan aneka makanan berbasis terigu. Ada 6 ruang kelas pelatihan dan 5 sesi pelatihan per kelas setiap harinya, jadi total ada 90 sesi kelas pelatihan yang disiapkan.

Selain itu, ada pula Baking Demo, Boga Kitchen, Boga Entrepreneur, Boga Kids, Food Treasure dan Food Tography. ”Ini adalah bentuk dari konsep yang diusung Bogasari Expo yakni konsep pameran, edukasi, dan rekreasi keluarga.”

Di acara Baking Demo, selain menampilkan chef Bogasari, juga akan menghadirkan chef – chef ternama seperti Chef Marinka, Chef Degan, Chef Chandra & Chef Fatma Bahalwan yang akan menampilkan resep – resep warisan boga nusantara yang sudah dibuat lebih modern.

Di area Boga Kitchen ini pengunjung bisa melihat langsung cara membuat produk – produk dari terigu Bogasari yang akan di demokan oleh para baker ahli dari Bogasari serta bisa berkonsultasi langsung dengan ahlinya.

Terdapat kelas Boga Entrepreneur dimana pengunjung bisa belajar tentang cara memulai usaha dan apa saja yang harus dipersiapkan termasuk cara branding, marketing hingga ke SDM.

Bagi pengunjung yang anaknya suka baking, bisa mencoba Boga Kids dimana anak – anak diajarkan cara membuat donat dan juga menghias donatnya.

Sedangkan dalam aktivitas Food Treasure setiap orang dapat berpartisipasi dengan mengabadikan  gambar kuliner khas Indonesia yang berbasis terigu dan menguploadnya ke media sosial (FB, Twitter, IG) dengan #foodtreasure. Gambar terbaik dengan voting terbanyak akan terpilih sebagai pemenang.

Lalu, melalui Food Tography penyuka fotografi di seluruh Indonesia dapat berkompetisi  seputar foto warisan kuliner khas Indonesia berbasis terigu di medsos dengan #footography. Yang dinilai adalah originalitas kuliner, dressing, tata cahaya serta nilai artistik dari objek yang difoto.  Semua acara ini bisa dilihat di www.bogasariexpo2016.com

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.

TAG: #bogasari