Ibu, Yuk Lakukan 15 Ide Me Time Cantik yang Hemat Waktu dan Biaya Ini

Editor: Ade Ryani HMK / nova.id
Jumat, 16 Desember 2016
Foto :
Me time bisa menyehatkan pikiran, jiwa, dan raga lo. Yuk, coba 15 ide kegiatan me time berikut!

Terkadang saking sibuk dengan kegiatan yang rutin dilakoni sehari-hari, Anda lupa cara bersantai dan menikmati waktu sendiri atau me time. Padahal, meluangkan waktu untuk diri sendiri dapat menyehatkan pikiran dan jiwa raga, lo.

Me time merupakan momen bagi seseorang untuk beristirahat dari aktivitas sehari-hari dan menyediakan waktu bagi diri sendiri. Bukan untuk suami bahkan anak-anak. Namun, agar tidak merasa bersalah ketika melakukannya, ada baiknya tanyakan pada diri sendiri soal apa yang Anda harapkan dari me time tersebut? Antara lain:

1. Apakah saya ingin melakukan sesuatu yang produktif atau hanya bersenang-senang saja?

2. Apakah saya ingin memilih kegiatan yang aktif atau tidak?

3. Apakah akan mengajak orang lain saat melakukan me time?

4. Apakah ada sesuatu yang sudah lama ingin dilakukan untuk waktu yang lama?

5. Apakah ada uang atau waktunya?

Baca: Pentingnya "Me Time" bagi Ibu Setelah Kelahiran Bayi

Sebagai terapi mengisi ulang “baterai” atau memberikan apresiasi pada diri Sahabat NOVA, berikut 15 pilihan me time yang dapat dilakukan tanpa perlu ribet dan menguras dompet:

1. Nonton

Anda bisa bebas menonton film sendiri tanpa diganggu atau dikomentari orang lain. Tak hanya di bioskop, nonton televisi di rumah pun bisa menyegarkan pikiran.

2. Museum

Pergi ke sebuah museum adalah cara terbaik mencari suasana berbeda. Ada banyak museum yang mungkin tidak pernah Anda sadari. Banyak inspirasi yang bisa diperoleh di museum. Siapa tahu ini menjadi hobi baru dan berdampak kuat pada kehidupan Anda.

3. Gunung dan Pantai

Manfaatkan waktu ke gunung atau pantai, nikmati udara segar dan deburan ombak. Namun, tetap berhati-hati jika pergi sendirian, selalu kabari kerabat saat bepergian. Melihat alam mendapatkan berbagai manfaat kesehatan bahkan bisa mengatasi depresi, demensia, stres, sehat fisik dan bahagia.

4. Membaca

Membaca buku atau novel. Hanya dengan 30 menit sehari Anda bisa menenangkan pikiran dengan membaca.

5. Cuci Mata

Tak masalah mengisi me time dengan berbelanja, namun selesaikan dulu urusan rumah tangga dan keluarga Anda. Selain itu, pastikan Anda tidak membeli barang-barang yang tidak penting. Sekadar cuci mata pun bisa menjadi me time menyenangkan.  

Baca: Fenomena "Together but Alone" Makin Sering Terjadi dalam Keluarga

6. Reuni

Mengenang masa lalu ke rumah orangtua atau taman bermain favorit Anda dari masa muda. Melihat foto-foto masa lalu entah dari keluarga atau teman. Lalu, buatlah semacam buku memori dengan menempelkan foto-foto tersebut disertai cerita menarik. Cara ini sekaligus bisa dijadikan cerita buat anak cucu kelak.

7. Meditasi

Meditasi dapat dilakukan hampir di mana saja dan mudah dilakukan. Sepuluh menit meditasi cukup menjernihkan pikiran dan mengurangi stres. Lakukan meditasi dalam keheningan agar perasaan dan pikiran lebih fokus. Duduk tegak dan hitung napas Anda.

8. Pijat

Lakukan refleksi atau creambath. Pijat membantu menghilangkan stres dan membuat tubuh santai. Terapi pijat juga menawarkan manfaat kesehatan yang lebih luas, termasuk memberikan bantuan untuk ketenangan, sakit kepala, dan gangguan pencernaan.

9. Musik

Musik menghubungkan dengan emosi dan dapat membantu meningkatkan suasana hati. Studi menunjukkan musik dapat membantu kelelahan, fokus, mengurangi stres, membantu rileks. Cobalah berbagai jenis musik berbeda agar Anda mendapatkan inspirasi.

10. Ngopi

Bersantai dengan kopi di sebuah kafe atau makan siang di sebuah restoran baru. Jika Anda mendapatkan taman luas, rebahkan tubuh Anda dan nikmati alam sekeliling. Jauhkan dari keramaian dan hiruk pikuk untuk mengurangi stres dan meningkatkan mood.

Baca: Suami-Istri “Berpisah” Sebentar demi Me Time, Apa Batasannya?

11. Masak

Makanan bergizi dapat membantu meningkatkan dan energi. Pilihlah buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk mendapatkan keuntungan dari makanan sehat tersebut.

12. Mandi

Jangan salah, mandi berlama-lama merupakan me time juga, lo. Anda bisa berendam dengan menaburkan garam mandi atau gelembung sabun. Nyalakan musik santai, berbaring dan biarkan pikiran Anda mengembara.

13. Berkebun

Menaman tanaman baru yang lagi tren adalah bentuk me time yang lain. Atau ganti pot tanaman lama dengan pot-pot lucu yang berwarna-warni. Rumah Anda pun terlihat berbeda dari sebelumnya.

14. Melukis

Jika Anda hobi melukis, menggambar, atau mewarnai adalah me time untuk penghilang stres. Sekarang banyak tersedia buku mewarnai yang tak hanya disukai anak-anak, namun juga orang dewasa.

15. Menulis

Menulis tentang pengalaman menyenangkan di blog menjadi pilihan lain. Pakailah dengan kalimat yang mudah dimengerti orang, jangan terlalu serius. Sertakan dengan foto-foto yang mendukung.

Noverita K. Waldan/Tabloid NOVA

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.

TAG: #me time