5 Gaya Kitchen Set untuk Dapur Berlahan Sempit

Editor: Annelis Brilian / nova.id
Senin, 14 Maret 2016
Foto : HousetoHome
Cantik
Pengaturan kitchen set untuk dapur sempit, gaya U, L, Island, Galley, atau open space?

Berniat merenovasi dapur Anda dalam waktu dekat? Pengaturan kitchen set alias kitchen cabinet pasti menjadi perhatian terbesar Anda.

 

Rupa-rupa bentuk kitchen set memang bisa disesuaikan dengan bentuk dapur Anda. Meski kabinet dapur memang termasuk furnitur berukuran besar, tapi pengaturan kitchen set yang tepat bisa membuat dapur terlihat lebih luas.

 

Pengaturan kitchen set di antaranya berbentuk open plan, L-shaped, U-shaped, Island, dan lain sebagainya. Dengan pengaturan tepat yang membuat dapur terlihat lebih lapang, Anda pun bisa mengajak buah hati dan pasangan berkumpul dan membuat menu-menu bersama di dapur.

 

Berikut 5 pengaturan kitchen set untuk dapur berlahan sempit yang bisa Anda coba, seperti dirilis House To Home.

 

1. L-shaped
Kitchen set berbentuk L adalah pengaturan yang sering digunakan di Indonesia. Kabinet dapur akan dibuat di salah satu sudut, sehingga membentuk huruf L. Di sisi lainnya, Anda bisa menyimpan meja dan kursi makan minimalis, bisa juga dibiarkan begitu saja. Pengaturan kitchen set berbentuk L ini paling banyak dipilih untuk dapur berukuran sempit.

 

Untuk ide seru dan unik, Anda bisa memberi dua sisi dinding yang tak ditutupi kitchen set dengan wallpaper atau wall sticker unik agar setiap sisi di ruangan ini terlihat lebih seimbang. 

 

2. U-shaped
Kitchen set berbentuk U biasanya memiliki bentuk memanjang di kedua sisi dan disatukan di salah satu sisinya. Sehingga pengaturannya memiliki bentuk seperti huruf U. Kitchen set berbentuk U ini cocok untuk ruangan yang memiliki satu pintu, sehingga area dinding berpintu tidak terganggu kabinet, sementara sisa tiga dindingnya diisi oleh kabinet-kabinet dapur alias kitchen set. Biasanya, area kabinet disimpan di dua sisi yang berhadapan, sementara satu sisi penghubung dipakai untuk area wastafel. 

 

3. Island

Kitchen set model island ini memberikan kesan modern di dapur. Jadi, area tengah dapur disimpan kabinet berbentuk meja yang bisa digunakan untuk mengolah bahan makanan seperti mengiris, mengaduk, hingga area makan. Tak perlu besar-besar, area Island ini cukup diisi oleh meja berukuran dua orang, kok. Di area inilah Anda bisa bercengkrama bersama anggota keluarga karena pengaturannya memungkinkan seseorang berhadapan. 

 

Pengaturan kitchen set model Island ini bagus dijadikan penyekat antara area makan dan dapur, bila Anda menggabungkan dua area tersebut dalam satu ruangan. Di area bawah Island, Anda bisa menjadikannya kabinet untuk menyimpan peralatan masak, piring, atau bahkan kulkas mini.

 

4. Galley
Kitchen set bergaya Galley ini adalah memasang kitchen cabinet di dua sisi panjang yang berhadapan. Sehingga dua sisi tembok yang lebih pendek pun bebas dari kabinet. Untuk memilih model kitchen set ini, pastikan area di antara dua kabinet ini cukup luas dan tak mengganggu mobilitas Anda di dapur. 

 

5. Open plan 

Ini adalah gaya dapur yang tak memberikan penyekat antara ruang makan dan dapur. Biasanya, di area ini hanya ada kabinet di salah satu sisi dinding dan semua peralatan serta aktivitas dapur terkumpul di situ. Sisi negatifnya, bila Anda termasuk tipe pemasak yang agak berantakan, maka semua "kekisruhan" di dapur akan terlihat. Sementara bila Anda senang menyimpan peralatan dengan rapi dan menyusunnya dengan cantik, gaya ini bisa jadi pilihan.

Penulis : Annelis Brilian

Crafting words for Tabloid Nova since 2012.