Cara Membersihkan Sofa Sendiri di Rumah

Editor: nova.id / nova.id
Kamis, 14 Agustus 2014
Foto :

TabloidNova.com - Seharian bersantai bersama keluarga di sofa depan televisi, apakah Anda yakin kursi yang diduduki bersih tanpa debu?

Faktanya, sofa dan kursi di rumah sangat rentan kotor oleh noda atau debu. Bahkan, kotoran lain pun bisa masuk ke dalam serat bahan pelapis jok sofa tanpa disadari. Maka meski sofa Anda terlihat bersih-bersih saja, besar kemungkinan kotoran atau debu di dalamnya sudah luar biasa tebal.

Demi kesehatan dan kenyamanan anggota keluarga, kebersihan dan higienitas sofa kesayangan pun harus dijaga. Caranya, bersihkan bahan pelapis jok sofa atau kursi secara rutin.

Membersihkan sofa memiliki trik tersendiri bergantung pada bahan pelapis sofa yang dilekatkan pada busanya. Sebutlah katun, polyester, linen, atau kulit. Jika bahan pelapis sofa atau kursi bukan dari kulit dan bisa dilepas, tugas membersihkannya menjadi sesuatu yang tak sulit.

Cukup masukkan bahan pelapis sofa ke dalam mesin cuci atau di-dry clean. Jangan lupa, perhatikan instruksi pada label bahan pelapis supaya niat membersihkan tidak justru berakhir merusak bahan pelapis sofa.

Lantas, bagaimana jika bahan pelapis jok sofa tidak bisa dilepas? Proses membersihkan sofa tak hanya pencucian pelapis, tapi dimulai dari mengusir debu hingga mengeringkan. Berikut panduan singkatnya.

Sikat Dulu
Bersihkan dahulu setiap lapisan kotoran yang melekat pada sofa menggunakan sikat berbulu. Sehingga, kotoran seperti serpihan makanan, rontokan rambut, atau bulu binatang, habis tak bersisa. Dahulukan membersihkan wilayah sofa yang paling rentan terkena kotoran, yaitu sandaran kepala dan sandaran lengan.

Gunakan Penyedot
Untuk menghilangkan sebanyak mungkin serpihan debu dan kotoran yang menyelinap melalui sela-sela serat pelapis, bersihkan sofa dengan vacuum cleaner. Perhatikan ujung pembersih, hindari yang permukaannya keras karena bisa merusak sofa beserta pelapisnya. Gunakan ujung yang tidak terlalu kasar, misalnya sikat lembut (soft brush).

Semua Area
Cek material pelapis, lalu pilih pembersih yang sesuai. Selain pada pelapis sofa dari kulit, Anda bisa menggunakan air sabun dan lap microfiber untuk membersihkan. Sapukan dengan lembut dan biarkan cairan pembersih meresap sampai ke lapisan kotor di dalamnya. Ingat, jangan menggunakan terlalu banyak air karena hanya akan merusak bahan pelapis sofa. 

Mengeringkan
Sebagian orang menggunakan hair dryer untuk mengeringkan bahan pelapis sofa. Tapi, cara terbaik adalah mengeringkan secara alamiah dengan cara dianginkan dan dijemur. Jika tak memungkinkan, cukup dianginkan di dalam ruangan dengan membuka jendela rumah lebar-lebar.

Sofa Kulit
Bagaimana jika bahan pelapis sofa terbuat dari kulit? Tentu cara membersihkannya tidak sama dengan pelapis sofa dengan material lain. Untuk pelapis sofa tipe ini, hindari penggunaan air karena bisa merusak materialnya. Cara paling baik adalah dengan uap alias steam cleaning, dibantu cairan pembersih khusus seperti saddle soap (sabun khusus untuk kulit). Selain melembapkan kulit pelapis sofa, ini juga akan mencegah kulit pelapis pecah-pecah.

Cara lain, campur satu per empat sendok teh pembersih bahan kulit dengan satu liter air distilasi. Basahi lap dengan cairan busa, peras, lalu gosok perlahan pada pelapis sofa. Setelah itu, celupkan lap pada air distilasi dan usap pada pelapis sofa agar busa hilang.

Hasto Prianggoro/berbagai sumber

Lokasi: Decorous Design Market - Jakarta SeLatan, Rumah Contoh Casa Jardin - Jakarta Barat | Foto: Eng Naftali/Nova, Romy Palar/Nova

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.