Di balik Keindahan Rhododendron, Bisa Jadi Obat Insomnia dan Rematik

Editor: nova.id / nova.id
Selasa, 31 Maret 2009
Foto :

Tanaman yang satu ini tak hanya menarik karena warnanya. Bunga serta daunnya pun bermanfaat untuk kesehatan. Hanya sayang, meskipun bisa hidup di daerah panas, tapi jika ingin mendapatkan warna bunga yang lebih kinclong, tanaman ini harus ditanam di dataran tinggi.

Warna-warna Rhododendron terkenal cantik. Pohonnya kecil dan tidak berduri. Bunga dari tanaman keluarga Ericaceae ini tahan rontok, strukturnya sangat cantik, dan adaptasinya bagus. "Jadi, masih bisa tumbuh di Jakarta meskipun bunganya tidak secantik jika di daerah dengan ketinggian 600-800 meter," kata Ir. Holif Immamudin, Direktur Kebun Raya Cibodas - LIPI.

Ada dua jenis Rhododendron, yaitu virea dan azalea. Jenis virea lebih cocok di Indonesia dan dikembangkan dengan cara generatif. "Bahkan sampai bisa menghasilkan biji," jelas Rustandi, Staf Kebun Raya Cibodas - LIPI. Sementara yang azalea tidak pernah sampai berbuah, hanya berbunga saja karena faktor habitat dan iklim. "Perlu iklim yang ekstrem seperti Cina dan Jepang," lanjut Rustandi.

Di Kebun Raya Cibodas ada 5 jenis Rhododendron, yaitu R. macregoriae, R. sinense, R. javanicum, R. mucronatum varietas, dan R. mucronatum warna putih. Warnanya pun sangat beragam, mulai dari merah, kuning, putih, atau merah muda. Di dunia jenis tanaman ini sampai ribuan jumlahnya. Terutama jenis azalea, dan sudah banyak dikembangkan." Selain Cibodas, tanaman ini banyak dijumpai di Bandung dan Subang.

Tanaman ini termasuk tanaman bandel dan mudah diurus. "Untuk jenis virea jika bunganya sudah jadi buah harus cepat dipetik. Kalau enggak, akan mengering dan mengakibatkan batang mati," papar Rustandi.

Sangat mudah membedakan jenis virea dan azalea, yaitu dari stuktur daunnya. Jika virea daunnya tak berbulu, maka azalea kebalikannya. Rustandi menuturkan, Rhododendron juga bisa dijadikan bunga potong. "Bahkan bisa tahan sampai seminggu. Dari satu tangkai bisa ada lima kuntum bunga. Daunnya juga sudah indah, kok."

OBAT DEMAM
Di balik warna bunganya yang cantik ternyata Rhododendron menyimpan beberapa manfaat. Diantaranya bisa menghilangkan sakit demam dan perangsang kelenjar. Untuk demam pakai kurang lebih 15 gram bunga Rhododendron mucronatum. Lalu, cuci dan rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Dinginkan dan saring. Hasil saringan diminum sekaligus.

Sementara R. simsii planch bisa untuk obat batuk, rematik, dan penghangat badan. Ambil daunnya yang segar sebanyak 60 gram. Lalu cuci bersih dan rebus hingga airnya tinggal setengah. Setelah dingin, saring, minum dua kali sehari. Jika untuk rematik hanya diperlukan 10 gram daun. Jika diminum tidak sesuai aturan, bisa keracunan.

Rhododendron juga bisa dibonsai. Ambil tanaman yang bentuknya kurang bagus. Lalu tanam di pot bonsai dan pangkas sesuai keinginan. Nanti di balik daunnya akan bermunculan bunga-bunga. Terlihat sangat cantik.

Energi yang terpancar dari tanaman ini ternyata bisa membuat orang mengantuk. Bagi penderita insomnia atau kesulitan tidur, dengan menyerap energi tanaman ini tak akan lagi sulit tidur.

Lokasi: Kebun Raya Cibodas - LIPI, Sindanglaya, Cipanas, Cianjur.

Noverita K. Waldan
FOTO-FOTO: < Dokumen Nova >

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.